Bachtiar Adnan Kusuma, Menuntun Menulis Biografi Tokoh

  • Bagikan
Bupati Maros Dr.A.S.Chaidir Syam menyerahkan bukunya kepada Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando didampingi Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma

Selain itu, yang menarik juga adalah kisah asmara serta human interest kisah sukses si tokoh hari ini.

Membaca buku ini seperti tutorial yang akan menyiapkan setiap pembaca dapat menjadi penulis. Dapat merumuskan konteks dalam buku, menjaga narasi bertutur ala story telling, menyeimbangkan fakta dan emosi serta pengembangan karakteristik sang tokoh yang ditulis. Akan tetapi semua tulisan harus memerhatikan standard etika dan privasi sang tokoh. Sangat penting pula mendapatkan testimoni sebagai penguat dengan menggali informasi dari pihak lain yang terkait dengan tokoh, baik sebagai sahabat, keluarga, fans atau memiliki korelasi emosional dengan tokoh. 

Dan jangan lupa menambahkan foto atau ilustrasi visualitas tokoh sebagai pemanis narasi yang Anda tulis.

Singkatnya, buku ini wajib bagi para penulis maupun calon-calon penulis. Bachtiar Adnan Kusuma, mengakui kalau Muhammad Subhan, sang Editor dan pembuka jalan terbitnya buku ini, Cerita singkat, Bachtiar Adnan Kusuma menjadi pembicara di Kelas Menulis Elipsis, sebuah majalah bergenre nasional yang dipimpin Muhammad Subhan. Bachtiar Adnan Kusuma bicara tentang Bagaimana sukses Menulis Buku Biografi dan inilah kemudian menjadi titik awal terbitnya buku ini.  (*)

  • Bagikan