Peringati Hari Kartini, DP3AP2KB Torut Gelar Seminar Kesehatan Mental

  • Bagikan
Suasana seminar kesehatan mental yang digelar DP3AP2KB Torut

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Dalam rangka memperingati hari Kartini yang ke-145, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar Seminar Kesehatan Mental, dengan tema Perempuan Sukses dan Berdaya, Peduli Kesehatan Mental.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Ayam Penyet Ria Rantepao, Torut, Senin, 29 April 2024, yang dihadiri perwakilan dari setiap organisasi perempuan di Torut, diantaranya Tim Penggerak PKK, Organisasi Dharma Wanita Persatuan, Gerakan Organisasi Wanita dan stakeholder terkait lainnya. Dan dibuka secara resmi, Kepala DP3AP2KB Torut, dr. Lina Rombe.

Dalam kesempatan itu Kepala DP3AP2KB Torut, dr. Lina Rombe menyampaikan bahwa rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya seminar kesehatan mental.

“Pemberdayaan mental dan kesehatan mental merupakan dua hal yang krusial sifatnya bagi kaum perempuan dan saling berkaitan dimana kesehatan mental yang bagus bisa mendukung suksesnya pemberdayaan perempuan begitupun sebaliknya” kata dr. Lina.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kondisi kesehatan mental juga erat kaitannya dengan kasus bunuh diri dimana data pada Dinas Kesehatan Torut menunjukan bahwa dari tahun 2021-2023 jumlah kasus bunuh diri mencapai angka 22 kasus, dimana 6 diantaranya atau 27,3 % adalah pelaku bunuh diri dari kalangan remaja. Selain itu, Indonesia National Adolescent Mental Health Survei (I-NAMHS) 2022 juga mengungkapkan bahwa satu dari tiga remaja mengalami masalah kesehatan mental dan salah satu upaya menjaga kesehatan mental dapat dimulai dari keluarga dimana ibu memegang peran penting karena ibu merupakan ujung tombak dari kesehatan mental keluarganya.

“Semoga melalui seminar kesehatan mental hari ini dapat memperluas wawasan dan khasanah keilmuan kita seputar mental yang tentunya sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas kita sebagai perempuan, sebagai istri, sebagai ibu juga sebagai anggota masyarakat ” pungkas dr. Lina saat membuka kegiatan seminar.

Dalam kegiatan tersebut mengadirkan narasumber salah satu dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada, dr. Kristianty Randa Agung. (Cherly)

  • Bagikan

Exit mobile version