Pro Kontra Pembangunan Stadion Berstandar FIFA di Makassar

  • Bagikan
IST

MAKASSAR, BACAPESAN.COM –– Masyarakat Sulawesi Selatan menyambut sukacita rencana pembangunan stadion sepak bola, di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan memulai pekerjaan fisik pada November 2024.

Kementerian PUPR melalui laman media sosial Instagram resminya memastikan stadion sepak bola Sudiang di Makassar akan dibangun sesuai standar FIFA.

“Sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden RI ke Sulsel pada September 2023 lalu, Kementerian PUPR akan membangun Stadion Sepak Bola Sudiang di Makassar yang berstandar FIFA,” tulis keterangan di unggahan tersebut, dikutip pada Senin (29/4/2024).

Kementerian PUPR bahkan akan mempercepat penyusunan dokumen Readiness Criteria (RC) antara lain melalui penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan bekerja sama dengan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam penyiapan Amdal Andalalin.

Merujuk pada hasil peninjauan lokasi lahan pembangunan stadion, masih ada beberapa hal yang masih harus diperhatikan.

Diantaranya lokasi lahan yang dekat dengan Bandara Sultan Hasanuddin, drainase di sekitar lokasi, dan juga akses jalan menuju stadion harus sesuai dengan standar FIFA.

Hal ini dikarenakan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang dikeluarkan oleh FIFA mencakup kelaikan fungsi stadion dan juga akses jalan menuju stadion itu sendiri.

Beragam reaksi ditunjukkan warga Sulsel terkait rencana tersebut. Di kolom komentar unggahan Instagram PUPR, mereka meluapkan reaksinya.

“Sudiang, here we go!” seru pemilik akun Instagram @yermia***.

“Semoga terealisasi, hanya itu yang kami butuh,” sahut @icam***.

“Kalo belum groundbreaking banyak-banyak berdoa. Takut gagal kayak kemarin2. Semangat ewako,” timpal @adit***.

  • Bagikan