BBKP Makassar Koordinasi Instansi Terkait di Tiga Kabupaten Terkait PMK

  • Bagikan

Selain Dinas Pertanian Jeneponto, koordinasi juga dilakukan dengan entitas pelabuhan Jeneponto. Begitupun halnya dengan kunjungan ke Sinjai, koordinasi juga dilakukan dengan entitas pelabuhan Sinjai, agen pelayaran, peternak, serta pedagang ternak antar pulau di Sinjai.

“Koordinasi kita lakukan tidak hanya di Makassar saja, namun juga di kabupaten lain di Wilayah Kerja Karantina Pertanian Makassar antara lain Jeneponto, Sinjai dan Bulukumba. Di samping itu kami juga melakukan supervisi kepada petugas karantina di wilayah-wilayah kerja yang dimaksud untuk memastikan pemberlakuan Standar Operasional Prosedur diterapkan secara konsisten,” ungkapnya.

“Kami berharap dengan adanya peningkatan pengawasan lalu lintas media pembawa rentan PMK, Provinsi Sulsel dapat bebas dari PMK dan dapat mencegah kerugian ekonomi serta mengurangi keresahan peternak,” sambung mantan Kepala Inspektorat Provinsi Sulsel itu.

Kementerian Pertanian sendiri telah berupaya untuk melakukan pencegahan PMK. Kementan optimistis proses penangan PMK dapat dilakukan dengan baik melalui kolaborasi perawatan dan pengawasan intens antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Dengan adanya tindakan cepat yang telah dilakukan oleh Kementan khususnya Karantina Pertanian Makassar, diharapkan masyarakat tidak perlu panik karena pemerintah terus bergerak dalam upaya pencegahan PMK ini.

  • Bagikan