Taliban Menutup Universitas Untuk Wanita

  • Bagikan
Wanita di Afghanistan menghadapi masa depan yang tidak pasti setelah pengambilalihan oleh Taliban

AFGHANISTAN,BACAPESAN.CO.ID- Taliban telah mengumumkan penutupan universitas untuk wanita di Afghanistan, menurut surat dari menteri pendidikan tinggi.

Menteri mengatakan langkah itu sampai pemberitahuan lebih lanjut. Diharapkan segera berlaku.

Hal ini semakin membatasi akses perempuan ke pendidikan formal, karena mereka telah dikeluarkan dari sebagian besar sekolah menengah.

Seorang mahasiswa Universitas Kabul mengatakan kepada BBC bahwa dia menangis sejak mendengar berita itu.

Tiga bulan lalu ribuan anak perempuan dan perempuan mengikuti ujian masuk universitas di seluruh Afghanistan.

Tetapi pembatasan besar diberlakukan pada mata pelajaran yang dapat mereka pelajari, dengan ilmu kedokteran hewan, teknik, ekonomi dan pertanian terlarang dan jurnalisme sangat dibatasi.

Setelah pengambilalihan Taliban tahun lalu, universitas memperkenalkan ruang kelas dan pintu masuk yang dipisahkan berdasarkan gender.

Siswa perempuan hanya bisa diajar oleh profesor perempuan atau laki-laki tua.

Menanggapi larangan terbaru, seorang mahasiswi mengatakan kepada BBC dia pikir Taliban takut pada wanita dan kekuatan mereka.

“Mereka menghancurkan satu-satunya jembatan yang bisa menghubungkan saya dengan masa depan saya,” katanya.

“Bagaimana saya bisa bereaksi? Saya percaya bahwa saya bisa belajar dan mengubah masa depan saya atau membawa cahaya ke dalam hidup saya, tetapi mereka menghancurkannya.”

Sektor pendidikan Afghanistan sangat terpengaruh setelah pengambilalihan Taliban dan terjadi eksodus akademisi terlatih setelah penarikan pasukan pimpinan AS tahun lalu.

Wanita lain berbicara tentang “terlalu banyak kesulitan” hanya untuk melanjutkan pendidikannya setelah pengambilalihan Taliban.

Dia mengatakan kepada BBC: “Kami bertengkar dengan saudara laki-laki kami, dengan ayah kami, dengan masyarakat dan bahkan dengan pemerintah.

“Kami mengalami situasi yang sulit hanya untuk dapat melanjutkan pendidikan kami.

“Saat itu setidaknya saya senang bisa lulus kuliah dan meraih cita-cita. Tapi, sekarang bagaimana saya bisa meyakinkan diri sendiri?”

Perekonomian Afghanistan sebagian besar bergantung pada bantuan asing dalam beberapa dekade terakhir, tetapi lembaga bantuan sebagian – dan dalam beberapa kasus sepenuhnya – menarik dukungan untuk sektor pendidikan setelah Taliban menolak mengizinkan anak perempuan masuk sekolah menengah.

Banyak staf pengajar yang tetap tidak dibayar selama berbulan-bulan.

Langkah-langkah terbaru kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut di komunitas internasional.

AS dan negara-negara Barat lainnya telah membuat peningkatan pendidikan perempuan di Afghanistan sebagai syarat awal untuk pengakuan resmi pemerintah Taliban.

Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood mengutuk tindakan terbaru Taliban.

“Taliban tidak bisa berharap menjadi anggota sah masyarakat internasional sampai mereka menghormati hak semua warga Afghanistan,” katanya.

“Terutama hak asasi manusia dan kebebasan mendasar perempuan dan anak perempuan.”

Pada bulan November, pihak berwenang melarang perempuan masuk ke taman di ibu kota Kabul, mengklaim bahwa hukum Islam tidak dipatuhi di sana. (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-asia-64045497

  • Bagikan