Ketua DPRD Sulawesi Barat Raih, St Suraidah Suhardi Raih Gelar Doktor di Kampus Hijau

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – St Suraidah Suhardi sukses merampungkan studinya pada konsentrasi Dakwah dan Komunikasi di jenjang Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan berhasil meraih gelar Doktor.

Perempuan kelahiran Ujung Pandang 30 Juli 1986 ini menyelesaikan pendidikannya lewat Disertasi berjudul ‘Komunikasi Politik Partai Demokrat dalam Kontestasi Politik Elektoral di Sulawesi Barat’.

Lewat Disertasi tersebut, perempuan yang juga menjabat Ketua DPRD Sulawesi Barat ini berhasil memecahkan masalah terkait model komunikasi politik Partai Demokrat dalam menjaga basis suara dan perolehan politik elektoral di Sulawesi Barat. Serta strategi elit politik Partai Demokrat dalam mengelola kontestasi politik elektoral di Sulawesi Barat.

Menggunakan pendekatan kualitatif, Suraidah berhasil merampungkan penelitian tersebut melalui data-data yang disampaikan secara deskriptif analitik.

Kesimpulan dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa Strategi elite politik Partai Demokrat Sulbar dalam mengelola kontestasi politik elektoral di Sulawesi Barat banyak dilakukan oleh elit politik partai terutama Suhardi Duka (SDK) sebagai tokoh sentral yang mengelola partai dengan manajemen modern serta pemasaran politik.

“Suhardi Duka dan elit politik lainnya melakukan pemetaan isu dan kekuatan partai politik, secara intensif melakukan kaderisasi partai dan pendampingan caleg di masing-masing daerah pemilihan (dapil), hearing dialog dengan para tokoh dan kegiatan strategis lainnya,” ungkap Suraidah

Dia melanjutkan, Elit Partai Demokrat juga melakukan strategi dengan menguatkan partai di akar rumput dari basis Partai Demokrat.

“Model komunikasi dan strategi elit politik Partai Demokrat tersebut berhasil meningkatkan politik elektoralnya saat partai tersebut kalah dalam pilgub Sulbar dan Partai Demokrat menurun secara nasional,” ucapnya.

Atas selesainya jenjang pendidikan Pasca Sarjana, Suraidah berterimakasih kepada berbagai pihak, “Atas kebaikan dari berbagai pihak tersebut semoga mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah swt. dan semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya,” harapnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version