Baznas Sulsel Serahkan Bantuan Beasiswa dan Zakat Fitrah di UMI

  • Bagikan
Ketua Baznas Sulsel Dr.H.M.Khidri Alwi disaksikan Rektor UMI menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa UMI dan 150 paket zakat fitrah Baznas RI kepada Pengurus Majelis Taklim Ukhuwah UMI untuk diteruskan kepada Mustahik pada acara Peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H Keluarga Besar UMI (Kamis, 6/4) di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ketua Baznas Sulsel Dr.H.M.Khidri Alwi disaksikan Rektor UMI menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa UMI dan 150 paket zakat fitrah Baznas RI kepada Pengurus Majelis Taklim Ukhuwah UMI untuk diteruskan kepada Mustahik pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H Keluarga Besar UMI (Kamis, 6/4) di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI.

Hadir Ketua Pembina YW UMI Prof.Dr.H.Mansyur Ramly bersama sejumlah pengurus yayasan wakaf UMI.Hadir pula Rektor UMI Prof.Dr.H.Basri Modding dan para wakil Rektor, sejumlah pimpinan fakultas, lembaga, dosen, karyawan, dan mahasiswa UMI. Tamu terhormat lainnya perwakilan Bank BSI, serta Dr.H.Sattar Taba.

Rektor UMI, Basri Modding dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas berbagai program yang dilaksanakan pada hari ini, diantaranya penyerahan bantuan beasiswa dari Baznas Sulsel, bantuan zakat fitrah dari Baznas RI serta launching kegiatan Milad 69 UMI, launching QRIS BSI Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI, dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini sangat mendukung program digitalisasi yang telah dicanangkan UMI dengan embracing smart university, jelasnya.

Penanggung jawab kegiatan, M.Ishaq Samad menyampaikan dalam pengantarnya bahwa acara ini dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan, diantaranya Launching kegiatan Milad 69 UMI, sebagai awal dari sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyemarakkan Milad UMI ke 69.

Dikatakan agar seluruh pimpinan dan sivitas akademika UMI mensosialisasikan logo Milad ke 69 UMI dan selalu menyertakan logo Milad 69 thn UMI tersebut pada setiap even yg dilakukan, baik secara offline maupun online, sehingga promosi UMI semakin massif, terutama dalam menjaring mahasiswa baru UMI tahun 2023/2024.

Selanjutnya Rektor UMI juga melaunching QRIS BSI Masjid Kampus 2 UMI, dimaksudkan untuk mendukung program Digitalisasi Kampus UMI yang telah dicanangkan Rektor. QRIS ini sangat memudahkan transaksi keuangan tanpa uang cash, sehingga jamaah dan donatur masjid Umar Bin Khattab memudahkan dalam mentransfer sumbangan infaq dan shadaqhnya. Jadi jamaah langsung gunakan mobile bankingnya seperti BSI, BNI,BRI atau Bank lain yg ada aplikasi QRIS, tinggal diBarcode, langsung muncul no.Rek Masjid Umar Bin Khattab UMI, dan nominal mau disumbangkan untuk kemakmuran masjid. Selain itu, bisa juga pakai OVO, dan jenis uang digital lainnya.

Adapun penyerahan bantuan Beasiswa Pendidikan Baznas Sulsel, diberikan kepada mahasiswa Fakultas Agama Islam UMI, sekaligus mereka magang di Kantor Baznas Sulsel, serta penyerahan bantuan Zakat Fitrah Baznas RI sejumlah 150 paket kepada Majelis Taklim Ukhuwah UMI untuk disalurkan ke sejumlah Mustahik dan kaum dhuafa.

Dikatakan bantuan beasiswa dan Majelis Taklim tersebut, adalah sebagian dari implementasi MOU antara Rektor UMI dan Baznas Sulsel beberapa waktu lalu, dan insyaa Allah ke depan, akan semakin banyak kerjasama yang dapat diwujudkan bersama, baik dalam hal pengumpulan ZIS, maupun dalam pendistribusian dan pendayagunaan ZIS di Sulsel.

Selanjutnya kegiatan lomba tadarrus Al Quran Surah An Naba, Ala Irama Pesantren Unggulan UMI Padanglampe, yang diikuti mahasiswa utusan dari Fakultas, bahkan ada salah satu diantaranya, ada yang disabilitas, yakni mahasiswa Fak. Sastra UMI dan mahasiswa tersebut tadarrus Alquran menggunakan al Quran Braile. Lomba ini dalam bentuk video yang diupload di You Tube. Sejumlah video peserta lomba telah ditonton ratusan kali oleh vieuwer, sehingga ini juga menjadi ajang promosi Model irama Tadarrus Al-Qur’an dengan irama pesantren UMI, sekaligus promosi UMI yang memiliki pesantren sebagai pusat pendidikan karakter, jelasnya.

Adapun Hikmah Nuzulul Qur’an diantarkan oleh Dr.Hj. Suharni, M.Kes, Dekan FKM UMI, yang menjelaskan tentang pentingnya membaca Al Quran serta mengambil berkah dari bacaan dan kandungan Al Qur’an, sebutnya. (*)

  • Bagikan