Dimana Anda Salat Idul Fitri 1444 H? Berikut Lokasinya

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dewan Pengurus Pusat Ikatan Masjid Mubalig Indonesia Muttahidah (IMMIM) mengeluarkan jadual khatib Idul Fitri 1444 H berikut lokasi shalat Idul Fitri. Hal ini disampaikan Sekjen DPP IMMIM M Ishaq Shamad kepada media, Jumat (21/4/2023).

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023 usai Sidang Isbat yang digelar Pemerintah di Jakarta.

“Kami mengikuti keputusan pemerintah dalam penentuan 1 Syawal 1444 H”, namun jika ada saudara kita sesama muslim yang melaksanakan Idul Fitri 1444 H pada Jumat 21 April 2023, tetap dihargai dan dihormati, sesuai anjuran Pemerintah,” jelas M Ishaq Shamad.

Dikatakan perbedaan hari dalam berlebaran di Indonesia sudah sering terjadi dan dimaklumi, karena perbedaan metode yang digunakan dalam penentuan awal bulan Islam. Hal ini sesuai dengan motto IMMIM yang dicetuskan alm.KH.Fadeli Luran.

“Bersatu dalam aqidah, toleransi dalam masalah furu’ dan khilafiyah”, sehingga insyaa Allah kita saling menghormati dan saling menghargai,” tukasnya.

M.Ishaq Shamad, yang juga Wakil Rektor IV UMI Bidang Tata Kelola Kampus Islami dan Pengembangan Pendidikan Karakter, terjadual khutbah Idul Fitri 1444 H di Masjid Al Ashri Puri Taman Sari Jl.Toddopuli Makassar, dengan tema khutbah “Dengan Idul Fitri Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dan Akhlaqul Kariymah”.

Adapun khatib di Lapangan Karebosi terjadual Ustaz H.Azhar Tamanggong yang juga Ketua Baznas Kota Makassar. Sedangkan Khatib Idul Fitri di Masjid Kampus 2 UMI adalah Prof Laode Husen yang juga Dekan Fakultas Hukum UMI.

“Secara lengkap dapat dilihat daftar nama-nama khatib Idul Fitri 1444 H/2023 M yang dikeluarkan oleh DPP IMMIM,” harapnya. (*)

  • Bagikan