Dewan Pendidikan Kabupaten Maros Silaturahmi ke Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Ini yang Dibahas

  • Bagikan

MAROS, BACAPESAN.COM – Dewan Pendidikan Kabupaten Maros melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Andi Iqbal Najamuddin, S.E., di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Tamalanrea, Makassar, Rabu, 14 Juni 2023.

Kunjungan silaturahmi ini bertujuan untuk menjalin komunikasi terkait dengan hubungan kerjasama antara Dewan Pendidikan Kabupaten Maros dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka dukungan bagi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia Sulawesi Selatan melalui capaian IPM di Kabupaten Maros.

Dalam pertemuan tersebut, Dewan Pendidikan Kabupaten Maros yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Maros, Dr. Muhammad Nurjaya, M.Si., menyampaikan beberapa hal terkait dengan kondisi dan perkembangan pendidikan di Kabupaten Maros, seperti zonasi penerimaan siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA), serta peningkatan kapasitas komite Sekolah yang telah terlaksana dan juga pelatihan karya ilmiah bagi guru SD dan SMP di Kabupaten Maros.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Andi Iqbal Najamuddin, S.E., mengapresiasi kinerja dan kontribusi Dewan Pendidikan Kabupaten Maros dalam memberikan masukan dan saran yang konstruktif terkait dengan kebijakan pendidikan di Kabupaten Maros. Ia juga berharap agar Dewan Pendidikan Kabupaten Maros terus berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dan meneruskan informasi ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan jikalau ada keterkaitan dengan tingkatan SMA/SMK/SLB.

Selain itu, pertemuan siang ini juga mempercakapkan beberapa hal diantaranya:

  • Usulan pertemuan Dewan Pendidikan Kabupaten Maros dengan mengundang Dewan Pendidikan di kabupaten se-Provinsi Sulawesi Selatan. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas isu-isu strategis terkait dengan pendidikan di Sulawesi Selatan dan merespon penetapan UNESCO Global Geopark Maros-Pangkep.
  • Diskusi kurikulum lokal bagi SMA/SMK di daerah sepanjang karst Maros-Pangkep yang melibatkan para ahli geologi, budaya, dan lingkungan hidup. Diskusi ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah karst yang merupakan warisan dunia.
  • Sister school antara SMA/SMK kawasan Geopark Maros-Pangkep dengan Satun (Thailand) yang juga Geopark. Sister school ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan pertukaran pengetahuan antara siswa dan guru dari kedua negara yang memiliki kesamaan geografis dan Kawasan Geopark.
  • Pelaksanaan Lomba Peneliti Belia Provinsi Sulawesi Selatan 2023 dengan pelaksana bersama Center for Young Scientists – Indonesia (CYS) dan STIA Abdul Haris bersama Dewan Pendidikan Kabupaten Maros. Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa dalam bidang penelitian ilmiah dan menghasilkan karya-karya inovatif yang menjadi ajang Latihan untuk menuju jenjang perguruan tinggi.

Kunjungan silaturahmi ini diakhiri dengan sesi photo bersama, dan Dewan Pendidikan Kabupaten Maros menyampaikan terima kasih atas kesediaan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menerima rombongan Dewan Pendidikan Kabupaten Maros. (*)

  • Bagikan