Jalur Zonasi SMA Berakhir, Ada 47.019 Calon Siswa Daftar PPDB Sulsel 2023

  • Bagikan
ILUSTRASI

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tahap II Jalur Zonasi untuk SMA telah berakhir atau ditutup pukul 12.00 Wita, Kamis (6/7). Ada 47.019 calon siswa mendaftar seluruh tingkatan SMA/SMK Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sulsel 2023.

Kepala UPT TIK Dinas Pendidikan Sulsel, Elix, mengatakan penutupan pendafataran calon siswa baru untuk tingkatan SMA resmi berakhir. Jalur zonasi tahap II dimulai sejak Senin 3 Juli 2023.

“Untuk PPDB tahap II SMA (Zonasi) calon siswa yang melakukan pendaftaran itu sebanyak 47.019 Orang,” sebut elix saat dikonfrimasi, Kamis (6/7).

Hasil pendaftaran ini, sambung Elix, pihaknya akan mengumumkan Jumat 7 Juli 2023. “Nanti kita umumkan besok hasil pendaftaran Jalur Zonasi Tahap II ini,” singkatnya.

Sebelumnya, elix juga menyampaikan penentuan soal jarak rumah dengan sekolah yang sama pada proses PPDB SMA 2023 bakal ditentukan berdasarkan nilai rapor, jarak terdekat dalam sistem titik koordinat tetap menjadi patokan utama kelulusan di jalur zonasi.

“Untuk nilai rata-rata rapor di jalur zonasi jadi kriteria kedua, jika pemeringkatan jarak ada yang sama jaraknya,” kata elix.

Ia menuturkan, jalur zonasi PPDB menitikberatkan pada jarak terdekat rumah calon siswa dengan sekolah yang dituju. Hanya saja, ada nilai raport sebagai kriteria kedua yang juga menentukan.

“Selama ada perbedaan jarak sebesar 0,1 meter pun tidak boleh melibatkan nilai rata-rata raport,” kuat elix.

Bahkan kata dia, pihaknya sudah melakukan maintenance sistem semenjak adanya masalah yang terjadi di tahap pendaftaran sebelumnya. Elix pun menepis adanya potensi sistem titik koordinat yang tidak mendeteksi rumah casis meskipun ke dalam lorong-lorong. (*)

  • Bagikan