PT Vale Rayakan Ulang Tahun ke 55

  • Bagikan
PT Vale Rayakan Ulang Tahun ke 55

Puncaknya, pada kunjungan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, yang meminta tambang di Indonesia mengikuti praktik keberlanjutan PT Vale. Oleh karena itu, Febri meminta para pemangku kepentingan tetap mendukung perseroan.

“Saya mohon doa dan restu dukungan dari masyarakat, pemerintah daerah agar PT Vale bisa tetap eksis merayakan ulang tahun untuk beberapa dekade mendatang,” ungkapnya.

Selama 55 tahun, PT Vale telah menorehkan beberapa capaian terkait operasi yang berkelanjutan. Sejak awal beroperasi, jauh sebelum kebijakan hilirisasi mineral, PT Vale telah menerapkan pertambangan terintegrasi. Perseroan tidak hanya menambang bijih nikel, tetapi juga melakukan pemrosesan di pabrik pengolahan.

Kemudian, pada 1979, komitmen keberlanjutan untuk mewujudkan energi bersih telah terlihat dari pembangunan PLTA pertama, yakni PLTA Larona. Pengoperasian PLTA milik perseroan berlanjut pada 1999 dan 2011. Seluruh aset ini menelan investasi lebih dari 1 miliar dollar Amerika Serikat.

Kemudian, pada 2007 hingga 2023 ini, PT Vale juga terus berinovasi untuk mengefisiensikan penggunaan energi, serta menggunakan energi ramah lingkungan. Tonggak baru pada 2022 lalu adalah uji coba truk listrik, dan pada 2023, melalui peresmian pertambangan terintegrasi Indonesia Growth Project (IGP) Morowali.

IGP Morowali akan menjadi tambang pertama yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sebagai sumber energi.

Capaian yang tak kalah penting, adalah mempertahankan kejernihan air Danau Matano, dan konservasi keanekaragaman hayati di Sorowako, daerah yang dilintasi garis Wallacea. Sejak 2015, PT Vale memulai proyek manajemen air limpasan senilai USD6,2 juta. Proyek ini membangun lebih dari 100 kolam pengendapan, pangkalangkai waste water treatment, dan fasilitas penjernihan air Lamella Gravity Settler (LGS).

Puncak HUT Berlangsung Meriah

Puncak acara HUT 55 PT Vale diisi dengan panggung hiburan untuk masyarakat Luwu Timur. Sesi hiburan pembuka diawali dengan penampilan Ligia, paduan suara gabungan dari siswa dan pelajar Akademi Teknik Sorowako (ATS) dan anak-anak berkebutuhan khusus yang tergabung di komunitas Pelita Mandiri. Kemudian, panggung diisi dengan tarian kontemporer gabungan budaya Nusantara.

Acara berlanjut dengan penampilan band yang beranggotakan musisi dari empat area pemberdayaan. Mereka memberi ‘kado’ HUT PT Vale dengan menyanyikan lagu ciptaan mereka ‘Semua berarti, semua berharga’.

Kemudian, PT Vale memberi apresiasi pada perusahaan kontraktor lokal dan nasional. Selain itu, CEO PT Vale juga menandatangani Buku Kumpulan Karya Vale Journalist Writing and Photo Competition (JWPC).

Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago, meluncurkan Wellness Program 2023-2024, sebagai bentuk dorongan dan fasilitasi perseroan untuk membangun gaya hidup sehat untuk karyawan dan kontraktor.

Sebagai penutup, PT Vale menyajikan hiburan musik pamungkas, dengan penampilan salah satu diva dangdut Iis Dahlia yang membawakan tiga lagu. Serta dilengkapi dengan penampilan grup musik Cokelat, yang pada lagu terakhir ‘Bendera’, ikut mengajak direksi PT Vale dan keluarga untuk bernyanyi bersama.

Selama berada di Sorowako, baik Iis Dahlia maupun Cokelat, mengaku mengagumi keasrian wilayah operasi PT Vale ini. Iis Dahlia menyampaikan, “Saya seperti tidak berada di tambang. Saya seperti di tempat rekreasi dan sedang healing,” katanya.

  • Bagikan