Gelar Audit Eksternal Tahap II, Unismuh Makassar Bakal Raih Sertifikat ISO

  • Bagikan
Rektor Unismuh Prof Ambo Asse

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Audit Ekternal ISO 21001:2018 tahap kedua.

Audit dilakukan lembaga sertifikasi TUV Rheinland. Kegiatan tersebut dihelat selama tiga hari, Senin hingga Rabu, 7-10 Agustus 2023.

ISO 21001:2018 merupakan standar sistem manajemen pertama di tingkat internasional yang diperuntukkan secara spesifik bagi sektor organisasi Pendidikan.

Audit ekternal ISO 21001:2018 bagi Unismuh kali ini merupakan tahap kedua, setelah audit eksternal tahap pertama yang digelar pada 10-12 Juli 2023. Tim Auditor dari TUV Rheinland terdiri dari Dr Abdul Manan Aruli dan Dr Mochamad Toriq. Turut hadir pula, pendamping dari UMY, Dr Nuryakin.

Pembukaan audit tahap II dihelat di Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin, 7 Agustus 2023. Kegiatan Pembukaan dihadiri Ketua BPH, Rektor, Wakil Rektor, Ketua Badan/Lembaga, Dekan, hingga Ketua Prodi.

Melalui sertifikasi ISO 21001:2018, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse kembali menegaskan keseriusan kampus yang dipimpinnya dalam menjaga kualitas mutu.

“Salah satu bukti keseriusan, awalnya hanya 30 prodi yang siap mengikuti sertifikasi ISO, alhamdulillah sekarang bertambah 10 lagi,” tambah Ambo Asse.

Ia juga menyebut, jika Unismuh berhasil mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018, hal itu merupakan bagian dari pencapaian visi menjadi kampus terkemuka dan unggul.

“Hal ini merupakan bukti, bahwa Unismuh merupakan kampus terkemuka, sebab Unismuh menjadi salah satu kampus yang paling awal mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 di Indonesia Timur,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Badan Pembina Harian Unismuh, Prof Gagaring Pagalung, menyebut bahwa ISO 21001:2018, adalah salah satu momentum bagi Unismuh untuk mendapatkan pengakuan pihak luar.

Audit hari pertama akan difokuskan pada level Pimpinan Universitas, Badan Penjaminan Mutu dan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sistem Informasi (BAAKSI), Badan Penjaminan Mutu, dan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

Pada hari kedua, Audit eksternal digelar di Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Biro Administrasi Umum, Keuangan, Sumber Daya dan Asset (BAUKS), Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama, dan Urusan Internasional LPBKUI), Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT PMB).

Pada hari yang sama, Tim Auditor bakal melakukan verifikasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sementara itu, pada hari terakhir, audit eksternal ISO 21001:2018, bakal dilaksanakan di Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Pertanian.

“Pada hari ketiga pula tim review akan menyampaikan hasil temuan selama proses audit. Secara khusus kami akan mengundang Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel untuk mendengar secara langsung hasil audit ISO di Unismuh Makassar,” pungkas Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda. (Hikmah/B)

  • Bagikan