Ketua MUI Tator, Zaenal Muttaqin Raih Gelar Doktor di Unismuh Makassar Bahas Tongkonan

  • Bagikan
Ketua MUI Tator Zaenal Muttaqin Raih Gelar Doktor PPs Unismuh

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali mengukuhkan Doktor baru.

Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Sidang Promosi Doktor atas nama Zaenal Muttaqin, mahasiswa S3 Prodi Pendidikan Agama Islam PPs Unismuh Makassar digelar.

Disertasi yang dipertahankan berjudul “Optimalisasi Peran Tongkonan Dalam Penguatan Kerukunan Umat Beragama Perspektif Pendidikan Islam di Tana Toraja”.

Zaenal merupakan Kiai Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja, setelah sebelumnya pernah menjadi Direktur Pesantren Muhammadiyah Tana Toraja. Zaenal juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tana Toraja dan Ketua MUI Tana Toraja.

Fokus penelitian ini adalah pada kerukunan umat beragama di Tana Toraja. Menggunakan pendekatan kualitatif-etnografik dengan nuansa sosiologis, Muttaqin menyelami peran Tongkonan, rumah adat Toraja, dalam mewujudkan harmoni antar penganut berbagai agama.

Dari wawancara intens dengan sejumlah informan, di antaranya pejabat Kementrian Agama, Kepala Madrasah, Camat, dan Pengampu Adat Toraja, ditemukan bahwa Tongkonan memegang peranan penting dalam menenangkan ketegangan antar penganut agama.

“Hal ini didukung oleh fakta bahwa, meski ada ketegangan di masa lalu, umat Islam di Tana Toraja hidup tentram di bawah lindungan Tongkonan,” ucap Zaenal

Salah satu temuan menarik adalah adanya musyawarah adat yang berfungsi menyelesaikan permasalahan ketegangan antar penganut agama sebelum berlanjut ke pengadilan adat.

“Dari hasil penelitian ini, diharapkan agar pemerintah dan organisasi kemasyarakatan semakin memaksimalkan peran Tongkonan dalam mendorong kerukunan beragama dan toleransi,” tutup Zaenal. (Hikmah/B)

  • Bagikan