Dukung Kinerja Bawaslu RI, Mantan Pengurus Kahmi Sulsel Buat Pernyataan Sikap untuk Komisi II DPR

  • Bagikan
Mantan Pengurus MW Kahmi Sulsel, Emil Syahbuddin

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mantan Pengurus MW Kahmi Sulsel, Emil Syahbuddin memberikan dukungan terhadap kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Itu, mengenai respon masyarakat terkait kinerja Bawaslu RI.

Khususnya terkait dengan Surat Keputusan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Nomor 285/HK.01.00/K1/08/2023 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Bawaslu/Panwaslih kabupaten/Kota masa Jabatan 2023-2028. dimana Bawaslu RI memutuskan melakukan perubahan jadwal tahapan pelaksanaan seleksi dan pembentukan Bawaslu/Panwaslih kabupaten/Kota masa Jabatan 2023-2028.

Hal ini, kata dia, telah sesuai dengan kewenangan Bawaslu RI, dan Komisioner sama sekali tidak melakukan pelanggaran konstitusi dan hal tersebut murni kewenangan Bawaslu RI.

“Untuk mengisi kekosongan dalam pelaksanaan tugas-tugas anggota Bawaslu/Panwaslih kabupaten/Kota yang telah berakhir masa jabatannya, maka Bawaslu RI telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 565/KP.05/K1/08/2023 tentang pengambil alihan tugas dan wewenang bawaslu/Panwaslih kabupaten/kota yang telah berakhir masa jabatannya,” ujar Emil, Rabu (16/8) dalam suratnya untuk Komisi II DPR RI.

Hal ini merupakan Langkah tepat yang dilakukan oleh Bawaslu RI agar kinerja Bawaslu/Panwaslih di Kabupaten/kota tetap berjalan dengan baik, khususnya dalam melakukan pengawasan tahapan PEMILU 2024.

“Kami menilai bahwa, Keputusan Bawaslu RI tersebut diatas adalah keputusan yang sangat tepat dalam rangka menghasilkan SDM yang handal dan berintegritas dalam mengawal pemilu dan pilkada serentak yang akan berlangsung tahun2024 dan tahapannya telah berjalan pada tahun 2023 ini,” jelasnya.

Keputusan Bawaslu RI dalam rangka menghasilkan SDM yang handal, berkualitas dan berintegritas dalam rangka menyukseskan PEMILU 2024, adalah merupakan Langkah cerdas dan strategis untuk menjaga hasil pemilu 2024 yang berkualitas dan terpercaya.

SDM yang handal, berkualitas dan berintegritas tersebut sangat dibutuhkan dalam PEMILU 2024 ini, agar tidak terulang lagi tragedi banyaknya korban penyelenggara pemilu yang terjadi pada PEMILU 2024.

“Kami melihat bahwa Bawaslu RI telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam mempersiapkan kelembagaan Bawaslu di seluruh tingkatan di Indonesia dalam rangka menjamin terlaksananya PEMILU dan PILKADA SERENTAK yang akan berlangsung tahun 2024 nanti, dengan melakukan pembenahan pada proses recruitmen dan seleksi penyelanggara di seluruh tingkatan,” tukasnya.

“Kami melihat bahwa hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memberikan support maksimal kepada peserta pemilu dan seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas PEMILU di Indonesia,” tambahnya.

Adapun pernyataan sikap Mantan Pengurus MW Kahmi Sulsel itu, pertama mendukung penuh keputusan Ketua & Anggota bawaslu BAWASLU RI dalam melakukan perbaikan-perbaikan dan menyempurnakan proses recruitmen dan seleksi anggota BAWASLU/Panwaslih Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan kualitas apparat penyelenggara pemilu untuk menghasilkan PEMILU yang lebih baik pada tahun 2024 nanti.

“Kedua, Kami yakin dan percaya bahwa seluruh rangkaian tahapan seleksi BAWASLU/PANWASLIH kabupaten kota yang dilaksanakan oleh BAWASLU RI telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Ketiga, Tahapan Seleksi BAWASLU/PANWASLIH Kabupaten/kota yang dilakukan oleh BAWASLU RI dilaksanakan dengan sangat transparan dan melibatkan akademisi, Praktisi serta di pantau langsung oleh seluruh masyarakat, Lembaga sosial kemasyarakatan, Ormas serta Media Massa, sehingga proses tersebut menurut kami sangat jauh dari unsur Koruptif maupun intervensi dari fihak manapun.

“Keempat, kami sangat yakin dan percaya bahwa seleksi BAWASLU/PANWASLIH KABUPATEN/KOTA yang dilakukan oleh BAWASLU sangat memperhatikan profesionalisme dan menjaga independensi dalam rangka menjaga marwah dan martabat BAWASLU sebagai penyelenggara PEMILU di Indonesia, dan BAWASLU senantiasa terbuka atas laporan masyarakat terkait tahapan tersebut, sehingga hasil dari proses recruitmen tersebut jauh dari intervensi kepentingan manapun,” paparnya.

“Kelima, kami Berharap dukungan seluruh masyarakat, ormas, organisasi kepemudaan serta seluruh Pihak agar memberikan support kepada BAWASLU RI agar BAWASLU RI dapat menjalankan dan mempertahankan kinerja nya yang sudah sangat baik ini,” ujarnya lagi.

Dirinya berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat memberikan dukungan dan doa agar Bawaslu RI tetap konsisten melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara professional, independent dan berintegritas agar PEMILU dan PILKADA yang akan dilaksanakan di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan lancer dengan hasil yang memuaskan. (*)

  • Bagikan