Rektor Unismuh Buka Kuliah Umum Maba PPs

  • Bagikan
Rektor Unismuh Prof Ambo Asse Jadi Pemateri Kuliah Umum Maba PPs

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse membuka Kuliah Umum dan Orientasi Maba Program Pascasarjana (PPs) Unismuh Tahun Akademik (TA) 2023/2024 di Aula Mini FKIP, Kamis (21/9).

Dalam acara yang digelar secara daring dan luring ini, tema yang diusung adalah Pascasarjana Intelektual Unggul, Kreatif dan Produktif Menghadapi Tantangan Indonesia Berkemajuan.

Prof Ambo Asse dengan tegas menyampaikan pesan kepada mahasiswa Pascasarjana, S2 tidak boleh lewat dari dua tahun, begitu juga S3 tidak boleh melebihi tiga tahun. Dirinya juga memberikan nasihat penting ini agar mahasiswa fokus, banyak membaca buku, berkomitmen, dan bersabar dalam perjalanan studi.

“Terkait dengan buku yang ingin dibaca tidak susah gampang dicari di perpustakaan dan juga tersedia buku online,” ujar Prof Ambo.

Rektor Prof Ambo berharap agar semua mahasiswa S2 dan S3 dapat meraih prestasi, karena ini juga penting untuk akreditasi baik program studi maupun institusi.

Di sisi lain, Direktur Pascasarjana Unismuh, Prof Irwan Akib, menggarisbawahi pentingnya kuliah umum dan orientasi Maba sebagai tanda dimulainya perkuliahan.

Perkuliahan saat ini tidak lagi tergantung pada ketersediaan ruang kelas, namun hal ini juga menuntut peningkatan fasilitas yang mendukung proses perkuliahan.

Prof Irwan Akib juga menekankan perbedaan kemandirian antara mahasiswa S1, S2, dan S3. Kemandirian meningkat seiring dengan tingkat studi, dan keseriusan belajar menjadi kunci sukses dalam menyelesaikan studi.

“Mahasiswa S3 sering menjadi pertanyaan oleh dosennya berapa buku yang dibaca dalam sehari, bukan berapa lembar yang dibaca. Buku sekarang ini mudah diakses baik di perpustakaan maupun online,” tutup Prof Irwan Akib. (Hikmah/B)

  • Bagikan