Jurusan Matematika FMIP UNM Gelar PKM Terpadu di Takalar

  • Bagikan
Penandatanganan Implementation of Agreement (IA) PKM FMIPA UNM di Takalar

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Jurusan Matematika, FMIPA UNM kembali melaksanakan Program Kemintraan Masyarakat (PKM). Pelaksanaan kali ini digelar secara luring di SMPN 2 Takalar.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan kerjasama antara Dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM dan MGMP Matematika Kabupaten Takalar.

Pelaksanaan Berlangsung pada tanggal 15 Juli 2023 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar Muhammad Nurdin. Hadir Wakil Dekan I Bidang Akademik Awi Dassa dan Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM Asdar.

Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM Asdar mengatakan kegiatan PKM ini merupakan agenda tahunan Dosen Jurusan Matematika yang menargetkan mitra kelompok masyarakat di daerah.

Sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa daerah, seperti Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Pangkep tahun lalu, tahun ini kegiatan PKM ini berpusat di Kabupaten Takalar dengan mitra MGMP Matematika Kabupaten Takalar.

Pada Kegiatan ini juga berlangsung penandatangan Implementation of Agreement (IA) antara Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Matematika Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar.

Tim PKM Terpadu Jurusan Matematika FMIPA UNM ini terdiri atas 11 tim PKM dengan judul terdiri Atas PKM STEAM Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru-Guru Kab. Takalar. Pelatihan Integrating MS Word, MS Excel, & MS PowerPoint for Office Management bagi Guru SMP di Kabupaten Takalar.

Lalu, Integrasi Pembelajaran Matematika pada Pembelajaran Non-Matematika di SMP Kabupaten Takalar. PKM Pelatihan Penulisan Sitasi, Daftar Pustaka berdasarkan“APA Style” Pada Guru-Guru SMP di Kabupaten Takalar. PKM Pelatihan Lingkungan Pembelajaran Matematika Berbasis Google Colaboratory Bagi Guru SMP Di Kabupaten Takalar.

PKM Pelatihan Liveworksheets dalam pembelajaran bagi Guru SMP di Kabupaten Takalar. PKM Implementasi Hypnoteaching dalam Pembelajaran. PKM Pelatihan Penggunaan Matlab Sebagai Alat Bantu dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Guru SMP. PKM Pelatihan Penyusunan Soal-Soal HOTS Berdasarkan Asesmen Nasional Bagi Guru Matematika SMP di Kabupaten Takalar.

Pelatihan Aplikasi Zotero dalam upaya optimalisasi penulisan Referensi pada karya tulis ilmiah bagi Guru di Kabupaten Takalar dan PKM Pelatihan Systematic Literature Review Berbantuan Publish or Perish Bagi Guru SMP Kabupaten Takalar.

Hasil Kuesioner pelaksanaan kegiatan oleh peserta PKM menunjukan bahwa peserta pelatihan sangat puas dengan pelaksanaan PKM dan berharap pelaksaan PKM ini bisa berlangsung kembali di waktu mendatang. (*)

  • Bagikan