Hadapi Pemilu 2024, Lantamal IV Makassar Siap Ambil Peran Kawal Distribusi Logistik

  • Bagikan
Pasukan Lantamal IV Makassar Siap Sukseskan Pemilu 2024

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak lama lagi. Seluruh stakeholder siap menyukseskan perhelatan pesta demokrasi itu, termasuk Lantamal IV Makassar.

Prajurit TNI AL itu siap mengambil peran dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 mendatang ke pulau terpencil di wilayah Sulsel.

Asops Dantamal VI Makassar, Anis Latif menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah memiliki persiapan untuk mengawal distribusi logistik pemilu ke seluruh wilayah kepulauan yang masuk dalam wilayah Sulsel.

Kata dia, untuk semua akses ke pulau berpenduduk tidak secara merata memiliki tempat bersandar atau pelabuhan yang mumpuni untuk kapal dengan ukuran besar, sehingga beberapa perlu dilakukan distribusi menggunakan kapal kecil.

“Itu sangat terbatas, hanya pulau-pulau tertentu (pelabuhan layak untuk kapal besar,red),” sebutnya saat menghadiri Rapat Koorndinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, yang Luber Jurdil Lancar, Aman dan Damai di Era Baru Sulsel Menuju Indonesia Maju.

Forum ini dihadiri para pejabat Forkopimda dan dan Jajaran Kepala Daerah se-Sulsel di Hotel Claro, Rabu (11/10/2023).

Ia menyampaikan, persiapan yang dilakukan oleh pihaknya juga terus dilakukan mulai dari personel hingga alat pendukung lainnya.

Ia membeberkan, untuk personel yang telah dipersipan untuk mengawal itu sebanyak 972 orang dengan unsur POS TNI Angkatan Laut sebanyak delapan pos.

Adapaun pos-pos tersebut Pos AL Pinrang, Pos AL Sinjai, Pos ALBarru, Pos AL Munte, Pos AL Bulukumba, Pos AL Takalar, Pos AL Lampiadan, Pos AL Selayar.

Dengan Material KRI Badau-841, KRI Suluh Pari II-6-60, Kal Birang II 6-61, Kal Mamuju II 6-57, Kal Pintar BNI I II-6-57 dan RHB Trimaran, untuk ukuran yang diproyeksi dapat menjangkau seluruh wilayah perairan dan Kepulauan Sulsel.

“Itu yang bisa kita siapkan untuk membantu dan mendukung kesuksesan menuju pemilu serentak,” tutupnya. (*/raksul)

  • Bagikan