GenBI UNM Gelar Kegiatan Bahas Budaya, Hadirkan Peserta Pelajar hingga Mahasiswa

  • Bagikan
Pengurus GenBI UNM

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – GenBI Komisariat Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan membahas persoalan budaya dengan tema Bersama Memajukan Budaya dan Melestariakan Indonesia (Bestari) di Aula Gedung Pusat Bahasa Arab, UNM, Minggu (29/10).

Ketua Panitia Siti Arah Suniyah mengatakan, peserta kegiatan ini pelajar hingga mahasiswa dengan total 58 orang. Harapannya, generasi muda dapat melestarikan budaya dan keberagaman yang ada di Indonesia.

“Kita harap penerus bangsa ini bisa melestarikan budaya,” jelas Siti Arah Suniyah.

Terpisah, Ketua GenBI UNM, Andi Ammar Akrar menjelaskan kegiatan ini dapat mengingatkan kembali akan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Khususnya budaya Sulawesi Selatan, dalam hal ini alat musik kecapi.

“Jadi ini momen tepat mengingatkan budaya Indonesia khusus yang ada di Sulsel,” ucapnya.

Ketua GenBI Sulsel Ridwan Saputra sekaligus membuka acara bestari secara resmi berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi titik untuk mengenal warisan budaya nenek moyang Indonesia agar lebih dihormati, dijaga, dan dikenal oleh masa yang akan datang.

“Kegiatan ini bertema Peran Gen Z dalam Mewarisi Kebudayaan,” jelasnya.

Jundana merupakan pemateri dari kegiatan ini yang juga merupakan seorang seniman. Menjelaskan bahwa keberagaman budaya menjadi cikal bakal identitas yang pada dasarnya menjadi satu kesatuan dengan masyarakat pendukungnya.

Budaya tidak pernah lepas dengan masyarakat yang mendiami daerah tertentu. Oleh karena itu, Generasi Z berperan penting dalam melestarikan budaya karena dapat menjadi aset yang dapat menjadikan sebuah entitas bangsa.

Pemateri juga memainkan secara langsung alat musik kecapi sebagai sosialisasi kepada Gen Z yang hadir dalam kegiatan Bestari.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan semangat cinta akan budaya dan nasionalisme. Melalui kegiatan ini menjadi ladang inspirasi untuk melangkah lebih jauh dalam memajukan dan melestarikan keindahan Indonesia. (*)

  • Bagikan