Dosen FAI UMI Memberikan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Keuangan Syariah bagi Guru MTs dan MA Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone

  • Bagikan
Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Pesantren Mizanul Ulum.

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Pesantren Mizanul Ulum.

Dengan semangat untuk berkontribusi pada pengembangan pendidikan karakter dan literasi keuangan syariah berbasis teknologi, tim PkM UMI menggelar kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para guru MTs dan MA Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone (Sanrobone, 21 November 2023).

“Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru” yang diketuai oleh Dr. Rani ini berhasil menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter. Para guru mendapatkan wawasan dan pemahaman mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi yang unggul.

Rani menjelaskan, “Pendidikan karakter adalah fondasi utama dalam membentuk pribadi yang berkualitas. Melalui kegiatan ini, kami berharap para guru dapat menjadi teladan dan agen perubahan yang membimbing siswa tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam pengembangan karakter yang kuat.”

Selanjutnya “Literasi Keuangan Syariah Berbasis Teknologi” dengan ketua Tim Dr. H. Andi Darmawangsa fokus pada literasi keuangan syariah berbasis teknologi. Kegiatan ini membahas cara-cara inovatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap literasi keuangan syariah menggunakan teknologi terkini.

Dr. H. Andi Darmawangsa menyatakan, “Dalam era digital ini, literasi keuangan harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Melalui kegiatan ini, kami berusaha menjembatani kesenjangan literasi keuangan dan memperkenalkan solusi-solusi berbasis teknologi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.” Tegasnya.

Tim PkM UMI disambut oleh pimpinan pondok pesantren Mizanul Ulum, Baso Udin, S.Ag.,MM, yang menyatakan apresiasinya terhadap kontribusi positif dari kegiatan PkM Universitas Muslim Indonesia, dan berharap kegiatan ini memberi dampak positif bagi guru-guru kami dan bisa berkelanjutan, harapnya.

Kegiatan PkM diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan Pesantren, Kepala Madrasah MTs dan MA dan para guru Madrasah Tsnanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone.

  • Bagikan