Prof Majdah M. Zain Resmi Menyandang Gelar Guru Besar UIM Di Bidang Agribisnis

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Prof. Dr. Ir. H. A. Majdah M. Zain, M.SI resmi menyandang gelar Guru Besar Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali di Bidang Ilmu Pertanian atau Agribisnis, Rabu (22/10/2023)

Gelar kehormatan di bidang Ilmu pengetahuan ini disandang Prof Majdah lewat penelitiannya berjudul “Agribisnis Global untuk Pembangunan Pedesaan Solusi Transformasi Pasar Digital”.

Pengukuhan Prof Majdah menjadi Guru Besar UIM berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang kenaikan jabatan akademik atau fungsional sebagai Profesor atau Guru Besar dan tertuang pada SK nomor 31113/M/07/2023 telah ditandatangani oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makariem.

Kiprah Prof Majdah di bidang ilmu Pengetahuan patut diacungi jempol, Prof Majdah merupakan satu-satunya perempuan yang pernah menjabat sebagai Rektor UIM Al-Gazali. Tidak main-main, perempuan kelahiran Yogyakarta 25 November 1963 ini bahkan mendapat mandat pemimpin kampus dengan desain indah dan unik ini selama 4 periode, sejak Tahun 2007 hingga 2023. Saat ini, Prof Majdah telah digantikan oleh Prof Muammar Bakry.

Kecintaan Istri Mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang ini kepada ilmu pengetahuan terlihat sejak dulu. Setelah menyelesaikan program Sarjana di kampus
Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 1987 dengan program studi sosial ekonomi, Prof Majdah tak lantas berpuas diri.

Di tahun 1997, Prof Majdah mencoba mengembangkan pengetahuannya dengan merambah ilmu baru di jenjang Pasca Sarjana dengan program studi Agribisnis di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Di tahun 2023 ini, Prof Majdah kembali mengukir pencapaian dengan dikukuhkannya sebagai Guru Besar Universitas Islam Negeri di Bidang Agribisnis. Semoga Ilmu yang dan pencapaian Prof Majdah menjadi contoh nyata kiprah perempuan yang terus berkembang dangan Ilmu pengetahuan. (Hikmah)

  • Bagikan