Komisi V Sorot Pembangunan Jalan Tol Makassar New Port yang Diduga Sebabkan Banjir

  • Bagikan
ilustrasi banjir

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pembangunan Jalan Tol Makassar New Port (MNP) yang diduga jadi penyebab banjir di beberapa titik lingkungan Kecamatan Tallo, Kota Makassar, memantik perhatian DPR RI.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meminta Kementerian PUPR memperhatikan dampak dari pembangunan infrastruktur yang telah ataupun tengah dilakukan.

“Kadang-kadang dalam pembangunan infrastruktur ini tidak terlalu memperhatikan efek atau dampak yang dihasilkan. Jadi kita minta agar supaya setiap pembangunan infrastruktur tidak merusak atau tidak membuat masalah baru bagi infrastruktur yang lainnya,” kata Iwan Aras dalam keterangannya, dikutip pada Jumat (8/12/2023).

Ketua Gerindra Sulsel ini mengungkapkan pengelola proyek seharusnya bisa menghitung dan merencanakan dengan baik resiko yang muncul dari setiap m pembangunan.

Sehingga, hal ini bisa meminimalisir berbagai dampak negatif yang mungkin bisa muncul.

“Misalkan membangun jalan tol ini seharusnya tidak kemudian menghasilkan banjir di wilayah-wilayah tertentu Itu harus dihitung dan direncanakan dengan baik,” ujar Legislator Dapil Sulawesi Selatan II ini.

Diketahui, berdasarkan keterangan PT Makassar Metro Network, sebagai pengelola jalan tol Makassar New Port (MNP), banjir yang terjadi ke permukiman dipicu saluran drainase yang tersumbat sampah.

  • Bagikan