Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba Di Mamuju

  • Bagikan
Logistik surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang tiba di Mamuju, Rabu, (3/1/2024). Foto: SUDIRMAN

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Logistik Pemilu tahun 2024, berupa surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten atau Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan Presiden dan Wakil Presiden sudah tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Jl Mustafa Katjo, Kompleks Graha Nusa, Kelurahan Simboro, Rabu (3/1/2024).

Kedatangan surat suara Pemilu 2024 di Kantor KPU Mamuju, dijaga ketat aparat kepolisian. Jumlah surat suara Pemilu 2024 yang tiba di Kantor KPU Mamuju sebanyak 777,272 lembar.

Rinciannya, surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 193.318 lembar, surat suara pemilihan DPR RI 193.318 lembar, surat suara pemilihan DPRD tingkat Provinsi Sulawesi Barat 193.318 lembar. Adapun surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Mmuju, Dapil Mamuju 1 sebanyak 44.362 lembar, Dapil Mamuju 2 sebanyak 49.176 lembar, Dapil Mamuju 3 sebayak 46.961 surat suara, dan Dapil 4 sebanyak 56.819 lembar.

“Surat suara yang tiba sudah termasuk tambahan untuk persiapan PSU (pemungutan suara ulang) dan surat suara tambahan 2 persen. Sisa surat suara untuk pemilihan DPD RI yang belum tiba,” ujar Ketua KPU Mamuju, Indo Upe.

Diketahui logistik surat suara yang tiba tersebut selanjutnya disimpan di Aula Sekretariat kantor KPU Mamuju terpisah dengan logistik pemilu yang lain yang tiba sebelumnya dan ditempatkan di gudang logistik KPU Mamuju.

Indo Upe mengungkapkan hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Sengaja kami simpan di kantor KPU Mamuju sebab surat suara ini lebih sensitif, sehingga tentu pengamanan harus lebih ekstra dibanding logistik pemilu lainnya seperti kotak suara, tinta, maupun alat coblos dan lainnya,” jelasnya.

Selanjutnya, KPU Mamuju akan melakukan penyortiran surat suara dan proses pelipatan surat suara untuk kemudian didistribusikan ke setiap kecamatan. “Distribusi surat suara akan dilakukan pada awal Februari nanti sehingga kami akan cepat melakukan proses pelipatan surat suara,” pungkasnya. (Sudirman)

  • Bagikan