Mayoritas Masyarakat Inginkan Pilpres Hanya Satu Putaran

  • Bagikan
Suasana debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Lembaga Survei Indonesia Polling Station (IPS) merilis temuan terbarunya pada Selasa (16/1). Hasilnya, mayoritas responden ingin pemilu 2024 digelar cukup dalam satu putaran.

Dalam pertanyaan “apakah Anda setuju atau tidak setuju seandainya pilpres berlangsung dalam satu putaran saja?”, sebanyak 70,2% responden setuju jika pesta rakyat itu selesai dalam satu putaran.

“Mayoritas publik sebanyak 70,2% responden mengaku setuju apabila pilpres selesai dalam satu putaran saja,” kata peneliti senior IPS Alfin Sugianto dalam paparannya secara daring.

Sementara, sebanyak 15,6% responden mengaku tidak setuju dengan pilpres yang hanya berlangsung satu putaran dan sisanya 14,2% responden menjawab tidak tahu atau undecided.

Alfin menjelaskan bahwa alasan dari mayoritas publik memilih satu putaran pemilu yaitu hemat biaya dan efektivitas waktu. Mengingat, penyelenggaraan pemilu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan tidak sebentar.

“Hasil analisis IPS mengindikasikan bahwa mayoritas publik setuju pilpres berlangsung satu putaran adalah untuk menekan atau menghemat anggaran dan mengefektifkan waktu,” ujarnya.

Survei IPS berlangsung pada 7 hingga 14 Januari 2024 pada 1220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling ). Teknik wawancara melalui telepon berpedoman kuesioner di 38 provinsi dengan margin of error +/- 2,8% dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. (fajar online)

  • Bagikan