12 Ribu ASN Bakal Dipindahkan ke IKN

  • Bagikan
Desain Istana Negara di IKN

JAKARTA, BACAPESAN.COM – IKN bakal beroperasi. Juli nanti, 12 ribu ASN akan dipindahkan ke sana.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan, para ASN itu bakal diboyong ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemindahan dilakukan bertahap.

Pegawai ini terdiri dari ASN dengan jabatan pimpinan tinggi (JPT) Madya (eselon I), JPT Pratama (eselon II), Jabatan Administrator, Jabatan Fungsional, hingga Pelaksana dari 38 kementerian/lembaga. Mereka dipindah bertahap sampai Desember 2024.

”Untuk kloter pertama pemindahan pada bulan Juli 2024 mendatang kami mengusulkan kepada Kementerian Keuangan terkait kemungkinan pegawai ASN untuk diberikan insentif berupa tunjangan pionir,” ujarnya, Senin, 19 Februari.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi bagi ASN, mengingat pada tahap awal pemindahan IKN belum tersedia dukungan-dukungan infrastruktur dan kebutuhan pokok selengkap di Jakarta.

Dalam penentuan jumlah pegawai ASN instansi pusat yang akan dipindah dilakukan melalui beberapa tahap dengan memperhatikan sejumlah prinsip.

Tahapannya, yakni analisis untuk menapis kementerian/lembaga dan unit kerja mana saja yang prioritas untuk dipindahkan pada tahap pertama.

Hal tersebut untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan tetap dapat berjalan efektif pada masa awal pemindahan. Terlebih, nantinya pemerintahan akan sepenuhnya menggunakan sistem digitalisasi.

  • Bagikan