Dishub Sulsel Lakukan Persiapan Ini Jelang Mudik Lebaran 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Mudik

MAKASSAR, BACAPESAN.COM –– Arus mudik hari raya Idulfitri 2024 diprediksi meningkat. Pertumbuhan kendaraan tahun ini bisa mendorong peningkatan arus mudik hingga lima persen.

Bayang-bayang kemacetan panjang selalu menghantui aktivitas mudik momen Idulfitri. Masyarakat di rantauan khususnya dari Makassar, akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman berkumpul dengan keluarga.

Kemacetan biasanya dipicu karena kendaraan dalam jumlah yang membeludak berangkat secara bersamaan keluar dari Makassar menuju daerah-daerah sekitar. Selain itu, pengaturan lalu lintas perlu diperkuat oleh stakeholder terkait.

Tahun 2023 lalu, jumlah pemudik yang melakukan arus mudik di Sulsel mencapai 4,2 juta orang. Angka ini meningkat 46,2 persen dibanding tahun sebelumnya, atau mencapai 2,9 juta orang.

Banyak faktor yang menyebabkan potensi peningkatan arus mudik terus terjadi. Selain bertumbuhnya jumlah kendaraan di Sulsel, juga tidak ada lagi pembatasan arus mudik. Apalagi, hari libur akan berlangsung lebih panjang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Patarai mengatakan, potensi peningkatan arus mudik tahun ini sangat terbuka. Sekitar 4-5 persen jumlah kendaraan di Sulsel bertambah dari tahun sebelumnya.

“Gambaran itu sudah menjadi informasi bahwa akan ada potensi angka peningkatan arus kendaraan,” ujar Patarai, Senin, 25 Maret.

  • Bagikan