Dishub Sulsel Lakukan Persiapan Ini Jelang Mudik Lebaran 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Mudik

Dishub bersama dengan stakeholder terkait sudah melakukan rapat awal terkait antisipasi mudik lebaran tahun ini. Kata Patarai, akan dibentuk pos-pos pengamanan di titik-titik rawan macet dan kecelakaan di setiap kabupaten dan kota. Pos-pos tersebut akan secara aktif beroperasi H-3 hingga H+3 Idulfitri.

“Kita berkoordinasi dengan kepolisian, Balai Jalan, Balai Transportasi, soal informasi iklim dengan BBMKG, Pemda, Dinas Kesehatan, BPBD, kami semua dalam satu tim,” papar Patarai.

Meski belum membicarakan secara detail, namun titik kemacetan sudah terpetakan. Kata ia, arus mudik lebaran terjadi setiap tahunnya. Sehingga, titik-titik kemacetan hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Daerah Mamminasata masih menjadi atensi kemacetan. Sebut saja wilayah selatan dari arah Jembatan Kembar Kabupaten Gowa, menuju Panciro, Bontonompo, hingga ke Takalar. Lalu, di area Jembatan Barombong (Makassar-Takalar), Simpang Lima Maros, Kota Maros, dan Jl Perintis Kemerdekaan (Makassar).

“Untuk dalam kota itu pusat perbelanjaan, menuju pasar dan mal. Lalu beberapa U-turn sudah koordinasi dengan Dishub kota, Polres, dan Polda. Kota Maros itu pasti akan terjadi kepadatan karena arus mudik dan masyarakat yang berbelanja ke kota,” ungkap Patarai.

Patarai juga menyebutkan, bahwa pengerjaan jalan di Ruas Camba-Bone tidak akan terjadi penutupan sekitar sepekan sebelum hari raya. Itu merupakan hasil keputusan rapat dengan balai jalan.

“Karena bukan hanya untuk antisipasi mudik, tapi sarana angkutan produk makanan harus tersuplai ke daerah Bone dan sekitarnya. Dalam waktu dekat akan rapat lagi dan mengevaluasi masalah tahun lalu,” tandasnya.

Sementara itu, masa belajar efektif siswa SMA/sederajat di Sulsel sisa menghitung hari. Dinas Pendidikan Sulsel sudah mengeluarkan edaran terkait libur hari raya Idulfitri 2024.

Dalam edarannya, libur hari raya Idulfitri selama 8-15 April. Dalam artian, sekitar sepekan siswa menikmati masa libur bersama keluarga. Waktu belajar efektif di sekolah pun berakhir pada 7 April mendatang.

“Kami imbau seluruh satuan pendidikan untuk menyesuaikan jadwal libur hari raya Idulfitri tahun 2024 pada kalender pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jadwal cuti bersama tahun 2024,” kata Kabid Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Harpansa, kemarin.

Dengan demikian, arus mudik akan dimulai H-7 Idulfitri mendatang. Puncak arus mudik diprediksi berlangsung H-2 Lebaran. (fajar online)

  • Bagikan