Melalui Program Inklusi, YLP2EM-BAKTI Perkuat Penanganan Kekerasan Perempuan, Anak Serta Rentan Sosial

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Melalui Program Inklusi, Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi Dan Masyarakat (YLP2EM) dan Yayasan BaKTI, bekerjasama Pemerintah Kota Parepare dan DPRD, menggelar kegiaatan penguatan kelompok konstituen untuk penerimaan pengaduan dan penyediaan layanan komunitas dan advokasi kebijakan, di Cafe Logota sejak tanggal 24 hingga 27 mei 2023.

Kegiatan ini digelar dalam bentuk diskusi kelompok dengan menghadirkan dua orang pemateri. Pemateri pertama dari DP3A memberikan materi tentang penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, sementara pemateri kedua dari Dinas Sosial memberikan materi tentang perlindungan sosial bagi masyarakat.

Adapun peserta dalam kegiatan itu adalah para pengurus yang terpilih 8 orang champion, masing-masing 15 kelompok konstituen yang berjumlah 120 orang perwakilan dari empat kecamatan di Kota Parepare.

Koordinator Program Inklusi Parepare, Abdul Samad Syam, menjelaskan, sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan itu bagaimana KK Champion ini mampu melakukan penanganan terhadap korban kekerasan perempuan dan anak, serta masyarakat yang membutuhkan perlindungan sosial.

“Juga diharapkan setelah kegiatan ini, bagaimana layanan KK Champion mampu berjejaring dengan Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas P3A, Polres Parepare juga lembaga hukum untuk penanganan korban kekerasan dan masyarakat rentan sosial,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Abdul Samad juga berharap kepada Pemerintah Kota Parepare dapat mendukung kerja-kerja KK Champion dalam pendampingan komunitas.

“Melalui kegiatan ini juga, diupayakan agar para KK Champion nantinya dapat diterbitkan SK Walikota atau SK Dinas untuk menunjang kerja-kerja pendampingan terhadap korban kekerasan perempuan dan anak serta perlindungan sosial,” tutupnya.
(***)

  • Bagikan