Tingkatkan Pengembangan SDM, Kemenkumham Gelar Uji Kompetensi dan Potensi Pegawai

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak buka Kegiatan Penilain Kompetensi Manajerial dan Potensi Sosial Kultural serta Penilaian Potensi Metode Computer Assisted Competency Test (CACT) di Hotel Claro Makassar, Senin (19/6/2023).

Kakanwil dalam sambutan menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM telah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan SDM yang berkualitas salah satunya adalah dengan pelaksanaan Penilaian Kompetensi dan Potensi dalam Rangka Pemetaan Jabatan melalui Metode Computer Assissted Competency Test (CACT).

Pihaknya berharap melalui hasil pemetaan mendapatkan sebuah data yang akurat terkait potensi dan kompetensi yang dimiliki poegawai lingkup Kanwil Sulsel sehingga Apa yang harus kita Tingkatkan dalam pengembangan SDM dapat dilakukan.

“Tentunya Kita sangat terbantu dengan Pelaksanaan Kegiatan ini karena Selama ini kita buta dalam pengembangan karir pegawai dan dalam menempatkan pegawai sesuai dengan posisinya,” ujar Kakanwil

Kementerian Hukum dan HAM melakukan berbagai upaya seperti peningkatan SDM yang berkualitas salah satunya adalah dengan pelaksanaan Penilaian Kompetensi dan Potensi Dalam Rangka Pemetaan Jabatan melalui Metode Computer Assissted Competency Test (CACT).

Sementara itu, Perwakilan dari BKN Pusat dalam keterangannya menyampaikan apresiasi yang tinggi Kepada Kakanwil Kemenkumham Sulsel yang telah menfasilitasi pelaksanaan uji Kompetensi dan potensi ini.

“Kegiatan ini untuk mendapatkan profil kompetensi pada jabatan – jabatan yang ada pada instansi pemerintah dan juga untuk memenuhi peta kompetensi yang disyaratkan dalam rangka memetakan kemampuan para pejabat dan pelaksana yang ada dalam struktur pemerintahan untuk mengambil kebijakan, baik dari sisi pengembangan, kebutuhan dan karir para pegawai,” ujar Perwakilan BKN

Selanjutnya Ia berharap bagi peserta untuk dapat mengikuti tes ini dengan penuh keyakinan dengan segala kemampuan sehingga mendapatkan profil yang betul – betul menggambarkan kompetensi yang dimiliki oleh para peserta.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 2.402 pegawai lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel dilaksanakan dari tanggal 19-24 Juni 2023 di Hotel Claro Makassar. Pelaksanaan tiap harinya dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pagi dimulai pada pukul 08.00 – 12.30 WIT. Sedangkan sesi siang dimulai pada pukul 13.00 – 17.30 WIT. Tiap sesi di ikuti oleh 200 pegawai. (*)

  • Bagikan