Erna Rasyid Taufan Kukuhkan Saka Pariwisata Disporapar Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Daerah Kota Parepare Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), gelar pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kepramukaan, di Aula Disporapar. Rabu 27 September 2023.

Turut hadir Kadisporapar Kota Parepare, Iskandar Nusu, Majelis Pembimbing Satuan Karya, dan pengurus Saka Pariwisata Cabang Parepare. Kegiatan ini bertemakan Orientasi Saka Pariwisata.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan menyampaikan bahwa Saka Pariwisata itu harus menjadi wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata. 

“Kenapa harus ada Saka Pariwisata ? Karena itu, semua hal yang berada di dunia itu saling berhubungan, berkaitan. Wadah Pramuka inilah harus dijadikan sebagai tempat Ibadah, ketika sepuluh dasa dharma kita lakukan, semuanya pasti akan bisa kita lakukan,”. Ucapnya.

Kepramukaan wajib membentuk karakter regenerasi meliputi kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia. Artinya, penanaman nilai moral yang wajib ada di tubuh seorang pramuka sejati.

Selanjutnya, Erna Rasyid Taufan menjelaskan pramuka sangatlah holistik, kompleks dan lengkap. Ketika berbicara tentang pramuka semua akan saling berkaitan dari segi bidang apapun itu.

“Pramuka itu harus kita bangun dan tumbuh kembangkan dari segi mental spiritual. Pramuka yang diniliai itu ialah prosesnya, jadi sebagai pramuka sejati kita harus sigap menghadapi tantangan, dan lagi – lagi saya katakan bahwa pramuka mengajarkan tentang kepemimpinan,”. Jelasnya, Ketua TP PKK Kota Parepare itu.

Erat sapaan akronimnya, juga berharap pada Saka Pariwisata Cabang Parepare harus ikut membantu mempromosikan pariwisata di daerahnya. Menjaga lingkungan destinasi yang sudah dibangun dan diwujudkan dari Bapak Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP).

“Sekarang Kota Parepare sangat luar biasa dengan sisi pariwisatanya. Taufan Pawe sebagai Wali Kota menjadikan Parepare sebagai Kota cinta, TP sangat memperhatikan destinasi pariwisata. Maka itu, mari kita sama – sama merawat, menjaga dan tumbuh kembangkan pariwisata yang sudah di buktikan oleh Bapak Taufan Pawe,”. Pungkasnya.
(***)

  • Bagikan