MCN Kembali Digelar, 78 UMKM Kuliner Meriahkan Pesta Rakyat HUT Makassar ke-416

  • Bagikan
Foto bersama Founder MCN, Kadis Pariwisata Makassar, Pimpinan Cabang Sulselbar Makassar, Corcom Asmo Sulsel dan GM Mercure Hotel Pettarani

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Makassar Culinary Night (MCN) kembali akan digelar pada 4-5 November 2023 mendatang di Fort Rotterdam Makassar.

Mengusung tema “Pesta Rakyat Makassar 416”, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan Dinas Pariwisata Kota Makassar. Arti 416 yakni peringatan HUT Kota Makassar ke-416.

Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem mengatakan MCN menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner.

“Pemkot Makassar mengapresiasi event yang akan diselenggarakan ke tiga 3 kali selam tahun 2023 ini. Sebelumnya Makassar juga terpilih menjadi kota kreatif di Indonesia, ini merupakan pencapaian, apalagi dengan hadirnya MCN ini,” ucap Roem.

Lebih dari itu menurutnya gelaran MCN ini tidak sekedar soal transaksi, namun soal bisnis, membangun brand dan bertemu investor. “Saat ini target kita 4,4 juta lapangan pekerjaan terbuka disubsektor kuliner,” ujar Roem.

Founder MCN, Mistri Andi Muin menjelaskan tema Pesta Rakyat Makassar 416 ini diangkat sebagai bentuk partisipasi MCN dalam merayakan Hari Ulang Tahun kota Makassar ke 416 tahun ini.

“Kami ingin masyarakat kota Makassar bersuka cita dalam merayakan ulang tahun kota bersama, dengan penuh semangat melalui pesta rakyat yang kami suguhkan melalui event kuliner yang paling dinantikan ini,” ungkap Mistri.

Mistri menambahkan, meski MCN merupakan event rutin yang digelar setiap tahunnya, ia tetap mengingatkan MCN selaku aktif mengkampanyekan gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi,

“Kami telah menghimbau kepada 78 tenan pilihan yang telah melalui kurasi ketat oleh tim untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai selama event berlangsung,” ucap Mistri.

“Awalnya ada 400 tenan, namun dikurasi menjadi 78 tenan. Mereka ini pilihan produk UMKM Kota Makassar, namun tidak ada yang khusus makanan khas Makassar sebab target kami milenial,” tambahnya.

Lebih jauh Mistri menargetkan transaksi di atas pencapaian kegiatan sebelumnya.
“Sehingga harapannya dalam MCN kali ini target pengunjung bisa mencapai 35.000 orang dalam 2 hari gelaran dengan total transaksi mencapai 1.5 miliar rupiah,” sebutnya.

Sejalan dengan itu, Corcom Honda, Redha mengatakan keterlibatan Honda sebab Makassar Culinary Night sebagai momen yang tepat untuk meluncurkan program yang mendukung Kota Makassar sebagai Kota Kuliner

“Program Honda Jagoan Kuliner sendiri merupakan spirit Honda dalam mendukung UMKM di kota Makassar khususnya di bidang kuliner untuk terus mengembangkan usahanya. Keikutsertaan Honda dalam gelaran Makassar Culinary Night dikarenakan adanya misi yang sama yaitu bersinergi dalam membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat” Jelasnya.

Pimpinan Cabang Sulselbar Sadang Utama Makassar, Supriyanto mengatakan pihaknya berbangga menjadi bagian dari MCN.

“Kami hadir disni sebagai bagian dari kota Makassar. Kami ingin berkontribusi mendorong ekosistem UMKM. Misal UMKM membutuhkan pendanaan kami memberikan support pendanaan. Kami juga menyiapkan 20 goodie bag, 4 diantaranya goodie bag spesial. Transaksi terbanyak juga diberikan kepada reward.,” ungkapnya

Sementara GM Mercure Makassar, Wiwied Nurseka kembali akan terlibat dengan event MCN kali ini.

“Support kami terhadap MCN sangat besar, kami dari Accord group sangat mendukung UMKM. Konsentrasi kami saat ini untuk UMKM,” ucapnya.

“Nantinya, kami akan hadirkan booth, ada beberapa pastry dan roti yang coba kami inovasi dan akan di launching. Pastry ini belum dilaunching dimanapun di Makassar,” tambahnya. (*)

  • Bagikan