Bawaslu Gowa Sebut Ada Kades Berpotensi Tak Netral di Pemilu 2024

  • Bagikan
Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa, Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas, Juanto

GOWA, BACAPESAN.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa melakukan pemetaan potensi kerawanan pada tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 sebagai upaya mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa, Kordiv Penanganan Pelanggaran, Yusnaeni, memaparkan dari hasil pemetaan yang dilakukan ada beberapa jenis potensi kerawanan yang perlu diantisipasi.

“Hasil pemetaan kami beberapa jenis potensi kerawanan yang perlu diantisipasi, diantaranya Penggunaan Fasilitas Pemerintah dan Politik Uang serta Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa dan Penyelenggara Pemilu,” ungkapnya, Senin(04/12/2023).

Yusnaeni menjelaskan Netralitas ASN ini dianggap rawan karena beberapa dari mantan pejabat maupun pensiunan ASN lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Gowa maju sebagai Calon Legislatif, tak hanya ASN tetapi Kepala Desa dan Penyelenggara Pemilu juga tak lepas dari kerawanan Netralitas.

“Misalnya isu ketidaknetralan Kepala Desa, karena beberapa dari Kepala Desa, istrinya ikut berkontestasi dalam Pemilu Tahun 2024 sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gowa, begitupun dari sisi penyelenggara Pemilu akan sangat rawan jika ada kalangan keluarga yang maju sebagai kontestan,” jelasnya

Lebih lanjut, terkait dengan politik uang, dianggap rawan karna kegiatan kampanye yang sangat singkat hanya 75 hari, peserta Pemilu berpotensi mengambil langka taktis untuk memenangkan kontestasi.

Dan yang terakhir, Potensi penggunaan fasilitas Negara/ Pemerintah karna masa kampanye masih bertepatan dengan masa reses di DPRD sehingga akan sangat rawan dimanfaatkan para petahana yang sementara masih menjabat di DPRD untuk melakukan kampanye di dalamnya.

  • Bagikan