Pertamina Sebut Over Kuota Dalang Kelangkaan Solar

  • Bagikan
GM PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Erwin Dwiyanto

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kelangkaan BBM Jenis Solar di berbagai wilayah hingga mengundang atensi PJ Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin disinyalir terjadi akibat over kuota.

Hal tersebut diungkapkan GM PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Erwin Dwiyanto, Senin (18/12/2023).

Menurut Erwin, secara kuota untuk solar sudah over dari kuota yang diberikan, namun tetap disalurkan. Karena ada sistem relaksasi dan itu juga sudah disetujui oleh Presiden untuk penambahan kuota untuk tahun ini. Demikian untuk Pertalite masih cukup. Permintaan kuota yang diajukan oleh Pemprov ke BPH Migas telah disetujui.

“Itu sudah disetujui oleh BPH Migas dan langsung kemarin terakhir oleh Bapak Presiden sendiri,” sebutnya.

Tambahan sudah disalurkan dan tidak dikurangi. Bahwa ketika terdapat lembaga yang sudah habis kuotanya itu tetap disalurkan dan tidak dihentikan penyalurannya.

“By proses sambil jalan kita minta tambahan kuota. Sehingga akhir tahun kelebihan kuotanya sudah bisa diakui,” jelasnya.

Ada kendala di distribusi, karena terjadi peningkatan konsumsi masyarakat luas dan adanya disparitas harga antara solar subsidi dengan non subsidi. Sehingga banyak pengguna yang beralih ke subsidi dan ini memperbesar konsumsi BBM.

“Sehingga kami perlu melakukan pengaturan terhadap penjadwalan ke SPBU untuk menjamin stok di SPBU dalam keadaan aman,” ujarnya.

  • Bagikan