Cegah Banjir Koramil Makale Gandeng Pemkab Bersihkan Sungai

  • Bagikan
Kegiatan bersih-bersih sungai yang dilakukan Koramil Makale.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Dalam rangka mencegah terjadinya banjir mengingat saat ini musim penghujan tiba, maka Koramil Makale, Kodim 1414 Tana Toraja (Tator) gandeng Pemerintah setempat untuk melakukan kerja bakti membersihkan aliran sungai yang ada di kota Makale, Tator, Rabu 20 Desember 2023.

Menurut Danramil Makale, Kapten Inf Uda Kalalembang kepada media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk pembersihan aliran sungai ini, dengan membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai, kegiatan ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.

“Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat adanya penumpukan sampah,” beber Uda Kalalembang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, agar pedulian dengan lingkungan sekitar, dan tidak membuang sampah disembarang tempat terutama ke sungai, dan berharap bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh komponen yang ikut kegiatan gotong royong tersebut .

“mari terus menjaga aliran sungai ini dengan rutin membersihkan aliran sungai karena air sungai ini di pergunakan kebutuhan masyarakat sehari hari untuk mengaliri persawahan petani,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti beberapa OPD seperti Pemadam Kebakaran, Camat Makale, Lurah Bombongan bersama staf, jajaran Polsek Makale serta masyarakat sekitar. (Cherly)

  • Bagikan