WBP Bersama Petugas Rutan Sengkang Panen Kangkung

  • Bagikan
WBP Bersama Petugas Rutan Sengkang Panen Kangkung

WAJO, BACAPESAN.COM – Pegawai Rutan Sengkang bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melakukan panen perdana budidaya kangkung yang berada di pekarangan Blok Hunian Wanita, Sabtu (30/12).

“Hari ini kita memanen sayuran kangkung yang dibudidayakan melalui media pot dari limbah botol bekas oleh Warga Binaan Perempuan kita di Rutan Sengkang,” kata Kasubsi Pelayanan Tahanan, Hasnah.

Ia mengatakan penanaman sayuran kangkung dari pembibitan, perawatan hingga panen dilakukan oleh WBP dengan pendampingan petugas.

“Hasil panen ini akan dijual ke mitra sebagai tambahan pasokan bahan makanan di dapur Rutan Sengkang untuk dikonsumsi kembali oleh WBP Rutan Sengkang serta dapat dibeli oleh Pegawai dan masyarakat sekitar,” terangnya.

Hasnah menambahkan, selain sayuran kangkung, kita juga membudidayakan selada dan sayuran sawi.

“Kedepannya kita akan mengembangkan budidaya sayuran melalui media hidroponik di Lahan-lahan kosong baik itu di pekarangan blok hunian maupun area branggang sehingga proses pembinaan kemandirian akan berjalan maksimal,” harapnya.

Sementara itu Kepala Rutan Sengkang, Amir mengapresiasi kinerja rekan rekan petugas yang membantu membimbing Warga Binaan agar produktif selama menjalani pidana di Rutan Sengkang.

Lebih lanjut, kata Amir, kegiatan budidaya sayuran ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI dalam mendukung program ketahanan pangan Nasional.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak juga mengapresiasi panen kangkung yang dilakukan oleh Pegawai dan WBP Rutan Sengkang.

“Apresiasi terhadap hasil produksi WBP inu. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan di seluruh Lapas dan Rutan se-Sulsel. Dan hasilnya dapat digunakan sebagai bahan makanan bagi WBP yang ada di dalam Rutan,,” ungkap Liberti. (*)

  • Bagikan