29 Tahun Hadir Di Indonesia, HiLo Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Protein Harian

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Memperingati hari Nutrisi Nasional yang jatuh pada hari ini, Nutrifood mengajak masyarakat mengevaluasi gaya hidup sehari hari terutama pemenuhan protein bagi tubuh.

Riset yang melibatkan 1.665 responden dari berbagai kota di Indonesia menunjukkan sebanyak 46 persen responden tidak mampu memenuhi angka kebutuhan protein sebesar 0.83 gram protein perkilogram berat badan per hari. Padahal, dengan memenuhi kebutuhan protein harian, dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendukung kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari.

Nutrifood Research Center Specialist ,Lina Antono mengatakan, massa dan kekuatan otot akan optimal pada saat usia dewasa muda (sekitar umur 20 tahun-an).

“Penting bagi kita untuk sedini mungkin menjaga massa otot tetap optimal, karena data menunjukkan bahwa saat menginjak usia 30 tahun, manusia kehilangan sekitar 3-8 persen massa otot setiap dekadenya. Laju pengurangan massa otot akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini penting diwaspadai karena berkurangnya massa otot dapat mengganggu kemampuan bergerak dan beraktivitas,” jelasnya.

“Bagi yang berusia lanjut, asupan protein diketahui dapat berkaitan dengan risiko kondisi frailty syndrome, sebuah kondisi dengan karakteristik berkurangnya kemampuan fungsional dan fungsi adaptasi yang meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti jatuh, disabilitas, perawatan di rumah sakit, dan kematian,” tambahnya.

Menurut Lina, Dengan massa dan kekuatan otot yang terjaga, masyarakat akan dapat bebas bergerak, melakukan aktivitas sehari-hari, menjaga kekuatan tubuh dan keseimbangan sehingga tidak mudah jatuh.

Sebuah studi yang mempelajari hubungan antara kekuatan otot dan risiko kematian menunjukkan bahwa mereka dengan kekuatan otot (massa otot) yang lebih tinggi memiliki risiko kematian yang lebih rendah, hingga 50 persen,” ujar Lina.

  • Bagikan