Pengguna Sepeda Motor Harus Tahu 6 Tips Berkendara Saat Hujan

  • Bagikan
Pengendara perlu berhati-hati saat berkendara di cuaca hujan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Intensitas hujan yang meningkat di awal tahun perlu diwaspadai oleh masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat mobilitas sehari-hari.

Pasalnya, selain permukaan jalan yang lebih licin akibat basah, hujan dengan intensitas tinggi juga kerap membuat beberapa jalan yang dilewati tergenang air atau bahkan banjir.

Meskipun ada resiko, namun tidak sedikit pengguna sepeda motor yang tetap melakukan perjalanan di tengah guyuran hujan. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk memahami hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat hendak berkendara di musin hujan. Baik itu dari segi kondisi sepeda motor, cara berkendara, perlengakapan berkendara, hingga pemahaman soal rute dan jalur yang akan dilewati.

Instruktur YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. Muhammad Arief, menjelaskan, curah hujan yang intens akhir-akhir ini menuntut pengguna sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaannya saat sedang berkendara.

“Dengan kondisi jalan yang basah dan tergenang air, tentu membuat resiko kecelakaan menjadi lebih besar. Untuk itu, fokus yang tinggi, persiapan yang matang serta pemahaman berkendara yang baik dan pemilihan jalur yang tepat, menjadi poin-poin yang penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di musim hujan seperti ini,” ujarnya Kamis (25/1/2024).

Pertama yang harus dipastikan adakah Motor dalam Kondisi Sehat. Dari segi persiapan, hal pertama yang harus dicek oleh pengguna sepeda motor sebelum berkendara adalah memastikan motornya dalam kondisi yang layak jalan.

“Pada musim hujan ada beberapa komponen motor yang memiliki peranan vital dan penting untuk dicek, seperti ban yang berfungsi menjaga traksi ke permukaan jalan, lampu penerangan yang membantu jarak pandang, sistem pengereman untuk deselerasi kecepatan di permukaan jalan yang basah dan licin, serta beberapa komponen pendukung berkendara lainnya,”ujar Arief

  • Bagikan