PLN dan PLN Icon Plus Siapkan Langkah Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Petugas PLN melakukan pengecekan keamanan listrik di situasi hujan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PLN mengimbau masyarakat untuk mulai mempersiapkan langkah antisipasi agar selalu waspada terhadap keamanan kelistrikan dampak cuaca ekstrem tersebut.

Hal ini sejalan dengan peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar terkait cuaca untuk sejumlah wilayah lainnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diprediksi akan mengalami intensitas curah hujan tinggi dan lebat.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menyampaikan keselamatan masyarakat adalah yang utama. Lebih lanjut Andy menjelaskan, hal utama yang harus dilakukan adalah tidak melakukan aktivitas di sekitar jaringan listrik PLN ketika hujan.

“Pastikan masyarakat berada di ruang tertutup jika hujan deras terjadi. Jika hujan semakin kencang dan air mulai memasuki rumah, maka segeralah mematikan aliran listrik dari kWh meter dengan menekan meter circuit breaker(MCB) ke arah bawah serta cabut colokan listrik kemudian naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi,” ujar Andy.

Jika terjadi banjir petugas PLN akan sigap memadamkan aliran listrik di wilayah terdampak agar tidak terjadi potensi bahaya lainnya. PLN bersiaga dan berpatroli untuk menyisir lokasi-lokasi terdampak agar aman dari potensi bahaya listrik.

“Laporan dan informasi dari masyarakat juga penting untuk kami, jika ada potensi bahaya listrik dan gangguan yang mungkin terjadi saat musim penghujan masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile,” ujar Andy.

Andy memastikan, PLN terus berupaya memberikan pelayanan optimal dan dengan melakukan pemeliharaan pada jaringan distribusi serta mengimbau seluruh masyarakat agar berhati-hati dan tetap waspada akan bahaya listrik saat memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrem.

  • Bagikan