Aset Pemkot Parepare Dilirik Investor Ternama, Bakal Turunkan Tim Teknis Lakukan Kajian

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Kota Parepare semakin menjadi pusat perhatian investor ternama, termasuk dari Grup Lippo, Hypermart, dan pelaku industri perhotelan dari Jakarta.

Minat besar ini tidak hanya terbatas pada investasi finansial, tetapi juga menandakan keseriusan untuk menggali potensi investasi di berbagai sektor.

Bahkan, dalam waktu dekat, calon investor tersebut tampaknya bersiap membawa tenaga teknis guna melakukan kajian mendalam terkait potensi pengembangan aset di Kota Parepare.

Fokus utama mereka akan terarah pada tujuh aset daerah yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, mencakup Pasar Lakessi, Pasar UMKM, eks Cahaya Ujung (CU) lama, Pasar Seni, Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie, hingga Patato.

Hal ini, disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali yang didampingi sejumlah calon investor dari Jakarta usai meninjau tujuh aset potensial yang dimiliki Pemkot Parepare untuk dikembangkan, baru-baru ini.

Akbar Ali mengatakan, dalam kunjungan itu calon investor tertarik mengembangkan kawasan tersebut, karena terinspirasi oleh posisi Parepare sebagai jalur perlintasan dan tujuan, serta didukung oleh infrastruktur yang memadai.

“Yang jelas kita memperkenalkan bahwa Kota Parepare ini memiliki aset-aset yang sangat potensial, dan mereka tampaknya tertarik. Kenapa? karena Parepare adalah jalur perlintasan dan merupakan jalur tujuan, serta didukung oleh sarana fasilitas infrastruktur yang memadai,”jelasnya.

Karena itu, ia berharap dengan kehadiran calon investor di Parepare, dapat membawa tenaga teknis untuk melakukan kajian lebih lanjut terkait potensi aset yang dapat dikembangkan.

“Nanti ke depan, mungkin mereka mendatangkan tenaga-tenaga teknis untuk melihat (tujuh aset daerah). Ketika ada misalnya, sebuah titik aset kita yang sudah ada bangunan tua, di situ akan diteliti. Bagaimana konstruksi tanahnya, bagunan yang ada,” katanya.

Termasuk, kata dia, apakah ketujuh aset daerah Pemkot masih bisa dikembangkan dan sebagainya. “Atau perlu diratakan semuanya. Mereka lebih memahami itu, dan aspek-aspek dengan bagaimana jejaring kota dan sarana pendidikan lainnya. Mereka inikan, sudah memiliki pengalaman untuk itu, dan kalkulasi-kalkulasi untuk itu,” ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, kehadiran calon investor ini, nantinya memasarkan Parepare di tingkat nasional. Sehingga diharapkan kehadiran calon investor-investor ini dapat membuka peluang baru danmenggerakkan sektor ekonomi di Kota Parepare, membawa manfaat bagi masyarakat setempat sertamemperluas dampak positifnya ke wilayah sekitarnya.

“Jadi meskipun mereka-mereka belum penentu. Tetapi akan memasarkan, karena mereka profesinya memahami aspek-aspek apa yang perlu di kembangkan di Kota Parepare,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan