APJII Sulampua Siap Ambil Peran Sukseskan Pemilu 2024 Tanpa Hacker

  • Bagikan
Ketua BPW APJII Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) Abdul Malik

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menjaga kecurangan saat pemilu 2024 utamanya menjaga keamanan siber dan mengantisipasi hacker  menjadi hal yang sangat penting.

Ketua BPW APJII Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) sekaligus CEO globallink.net.id, Abdul Malik  mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) siap ambil peran dalam hal tersebut. 

 APJII merupakan organisasi nirlaba yang menaungi 1188 penyedia layanan internet di indonesia dan sebagai salah satu pengelola IP yang menjadi penggerak utama dalam keberlangsungan layanan internet di Indonesia.

“Peran APJII sangat penting dalam membantu menyediakan layanan internet sekaligus membantu dalam menjaga keamanan Siber khususnya mengantisipasi hacker menjelang pemilu 2024,” ujar Malik Jumat (9/2/2024).

Dalam meningkatkan layanan keamanan Siber, APJII telah mengimplementasikan program honeypot yang telah dipasang di beberapa kantor wilayah APJII.

“Honeypot adalah sistem yang dirancang untuk memikat penyerang yang mempunyai fungsi memberikan interaksi yang sama dengan sistem yang aslinya sehingga penyerang tidak menyadari sudah masuk dalam perangkat. Sehingga bisa mencegah para hacker menjelang pemilu 2024,” pungkasnya.

APJII juga diamanahkan untuk memastikan connectivity internet terjaga selama pelaksanaan pemilu sehingga seluruh proses aktivitas mulai dari pengimputan data hingga rekapitulasi suara KPU di tingkat kabupaten/kota, maupun nasional bisa terfasilitasi. (Hikma)

  • Bagikan