Pemilu 2024, RSUD Andi Makkasau Siapkan Perawatan Awal Bagi Caleg Depresi

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM — Meski belum memiliki layanan khusus untuk pasien depresi yang terdampak Pemilu 2024.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare menyiapkan perawatan awal bagi calon legislatif (Caleg) yang depresi, karena gagal dalam pesta demokrasi.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) untuk memberikan layanan tersebut.

Bahkan kata dia, meskipun RSUD Andi Makkasau belum memiliki layanan rawat inap khusus jiwa. Namun, layanan rawat jalan tetap tersedia, dengan satu dokter jiwa yang melayani setiap hari Selasa.

“Tetap kita layani. Jika pasien menjalani rawat jalan, layanan akan terus kita kawal. Namun, jika diperlukan rujukan, kita akan memberikan rujukan ke rumah sakit khusus di Makassar,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa pelayanan yang diberikan mencakup layanan awal bagi pasien yang terindikasi stres akibat pemilu. Setelah melalui pemeriksaan, keputusan untuk merujuk atau memberikan layanan rawat jalan akan ditentukan.

“Setelah melalui pemeriksaan, baru akan ditentukan, apakah pasien harus dirujuk atau sebatas rawat jalan. Kalau dirujuknya itu, tentu di RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Dadi Makassar,” jelasnya.

Dia menceritakan, sepanjang pelaksanaan Pemilu selama ini, Parepare terbilang tak ada catatan untuk pasien jiwa dampak pemilu, khususnya pileg.

“Untuk saat ini belum ada laporan. Tapi memang, catatan kami belum pernah ada pasien terindikasi pada setiap pelaksanaan Pemilu. Karena Parepare selalu kondusif,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan