Pj Gubernur Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Kota Parepare Sebagai Pusat Niaga

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kota Parepare, yang dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Minggu, 18 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Bahtiar mengungkapkan keinginannya mengembalikan kejayaan Kota Parepare sebagai pusat niaga atau perdagangan.

Dia mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Kota Parepare melalui pelabuhan dan pergudangan. Untuk membuat pelabuhan ramai, harus didukung dengan produksi yang mumpuni agar kapal-kapal besar masuk mengambil hasil pertanian, hasil kelautan, perikanan, dan peternakan.

“Nah ini harus didukung dengan produksi yang sangat besar dari para petani, nelayan, dan peternak,” kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, Pelabuhan Parepare ini di tahun 1600-an merupakan pelabuhan pusat perdagangan yang sangat ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

“Kalau hari ini Kota Parepare ingin menjadikan pelabuhan sebagai pusat ekonomi di Parepare, ini sebenarnya bukan menuju kesana tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an. Nah kenapa hal ini kita tidak bisa lakukan?,” ujarnya.

Pada momentum tersebut, ia menyampaikan, kehebatan Provinsi Sulsel ini tentunya didukung dari daerah-daerah hebat, salah satunya Kota Parepare.

“Gubernur bisa hebat kalau semua pemerintah daerah hebat, kalau wali kota dan bupati yang hebat. Dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kota Parepare yang ke-64 tahun,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali berharap bantuan dari Pemprov Sulsel untuk membantu pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan di Kota Parepare.

“Kami butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah,” harapnya.

Hadir pada perayaan HUT Kota Parepare tersebut, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare, Forkopimda Kota Parepare, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang pernah memimpin Kota Parepare. (*)

  • Bagikan