Perkuat Spiritualitas, Pemkot Parepare Gelar Kejuaraan MTQ

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota. Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Dede Harirustaman, hadir membuka kegiatan itu, di Baruga’e, Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare, Rabu, 21 Februari 2024.

Pada kegiatan itu, ada ada lima cabang lomba yang digelar, yakni seni baca Al-Qur’an tilawah, qiraah Al-Qur’an murattal, Hifdz Al-Quran atau menghafal Al-Quran, tafsir Al-Qur’an, dan kaligrafi. Tujuannya, untuk memperkuat spiritualitas peserta lomba.

Dirangkaikan dengan pelantikan dewan hakim MTQ tahun 2024. Hadir pada kegiatan itu, Kepala Kementerian Agama Kota Parepare Fitriadi, unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Dalam kesempatan itu, Dede melantik dewan hakim di hadapan para tamu undangan

“Pelantikan dewan hakim ini juga merupakan langkah penting dalam menciptakan keadilan dan ketertiban dalam menentukan hasil MTQ ini,” katanya.

Dia juga mengatakan, kegiatan MTQ ini merupakan upaya Pemkot Parepare dalam menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai isi kandungan Al-Qur’an, dan meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi muda dalam mengikuti kegiatan syiar Islam.

“Melalui kegiatan ini kita berusaha membentuk generasi Qurani yang hafal dan memahami serta mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Selain itu, kata dia MTQ ini merupakan ajang seleksi, bagi peserta di mana yang menjadi terbaik satu akan mewakili Kota Parepare di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di kabupaten Takalar pada minggu terakhir bulan April mendatang.

Sementara, Kabag Kesra Setda Kota Parepare, Muhammad Islah, mengatakan MTQ digelar di Masjid besar Al-Irsyad dan Al-Azhar Islamic Center Parepare yang akan berlangsung Rabu-Jumat, 21-23 Februari 2024.

MTQ kali ini oleh peserta perwakilan dari empat kecamatan se-Parepare dengan memperebutkan piala bergilir yang saat ini milik Kecamatan Ujung sebagai juara bertahan.

“Juara umum MTQ tingkat Parepare 2024 ini akan mendapatkan piala bergilir, sedangkan juara pada setiap cabang lomba akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan