Dihadapan Tim Penguji MIKOM, Sekda Takalar Ungkap Strategi Komunikasi untuk Mempererat Hubungan Lembaga Eksekutif-Legislatif

  • Bagikan
Sekda Takalar, Muhammad Hasbi, usai memaparkan hasil tesisnya dalam ujian MIKOM, (Rabu (21/2/2022).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Muhammad Hasbi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, menjelaskan strategi komunikasi yang dibangun untuk mempererat hubungan antara lembaga eksekutif dan legislatif, terutama dalam konteks penetapan APBD Kabupaten Takalar.

“Dalam kemitraan yang sejajar, komunikasi menjadi kunci penting untuk mempererat hubungan,” ungkap Hasbi, yang merupakan alumnus STPDN, saat menjelaskan hasil tesisnya dalam ujian MIKOM dengan judul “Hubungan Komunikasi Eksekutif-Legislatif dalam Penetapan APBD Kabupaten Takalar”.

Ujian tersebut dihadiri oleh Dr. Muliyadi Hamid, Dr. Mujahid, Dr. Andi Vita Sukmarini, Dr. Muhammad Asdar, dan Dr. Nur Alim Jalil di ruang rapat rektorat kampus Universitas Fajar, Rabu (21/2/2022).

Lebih lanjut, Hasbi menyoroti pentingnya membangun kepercayaan antara kedua lembaga untuk menciptakan hubungan komunikasi yang berkualitas. “Kepercayaan adalah fondasi utama untuk menjaga hubungan yang baik dan efektif,” tambahnya.

Dr. Muliyadi Hamid, Rektor Unifa dan anggota tim penguji, memberikan apresiasi atas analisis yang disampaikan oleh Hasbi. “Selain peran yang telah diakui oleh kedua lembaga eksekutif-legislatif, penekanan pada komunikasi khusus sangatlah penting untuk menjaga hubungan yang harmonis,” ujar Dr. Muliyadi Hamid.

Sementara itu, Dr. Mujahid, Dekan Fakultas Pascasarjana, berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kabupaten/kota lain dalam proses penetapan APBD yang lebih efisien dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kami berupaya agar ujian tutup dapat dilaksanakan minggu depan,” tandasnya.

Sejak dibukanya program kelas rekognisi pembelajaran lampau (RPL) untuk program S1 dan S2, Unifa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih fleksibel, cepat, dan terjangkau.

Untuk tahun ajaran 2023-2024, Fakultas Pascasarjana yang menyelenggarakan program Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM), Magister Manajemen (MM), dan Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (MRIL) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di link berikut: https://silaju.unifa.ac.id/registrasi. (***)

  • Bagikan