Presiden Jokowi Resmikan IPAL Losari

  • Bagikan
Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota DPR RI Hamka B Kady, Andi Iwan Darmawan Aras, Muhammad Aras, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Presiden Joko Widodo telah meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi sekitar pukul 08.00 WITA, Kamis, (22/2/2024).

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota DPR RI Hamka B Kady, Andi Iwan Darmawan Aras, Muhammad Aras, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan, sistem pengelolaan air limbah domestik berpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku. Serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita.

“Sistem pengelolaan air limbah ini kita butuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencernaan lingkungan di kota Makassar,” tutur Jokowi.

Orang nomor satu Indonesia menyampaikan, IPAL Losari ini dibangun dari tahun 2019-2023 dengan biaya Rp1,2 triliun rupiah. Dari APBN 1,067 Triliun dari ADB Rp672Miliar, dan dari APBD Rp150 Miliar, berkapasitas 16.000 meter kubik perhari, dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 KM dan bisa melayani 41.000 kepala keluarga.

“Saya berpesan agar dengan beroperasinya sistem pengolahan air limbah domestik terpusat ini penanganan air limbah semakin terintegrasi dan kota Makassar semakin bersih, kualitas lingkungan kualitas air tanah kualitas air baku semakin baik dan masyarakat semakin sehat dan produktif,” ujar Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

“Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini saya resmikan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat Losari di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” tutupnya saat meresmikan. (fajar online)

  • Bagikan