Bupati Torut Apresiasi Kinerja KPU pada Pemilu 2024

  • Bagikan
Pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara yang digelar KPU Torut.

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Semua proses tahapan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, hingga rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan dengan lancar, aman terkendali, hal ini perlu disyukuri dan mengapresisasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini disampaikan bupati Toraja Utara (Torut), Yohanes Bassang atau yang akrab disapa Ombas dalam sambutannya pada rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil pada pemilu 2024, di Toraja Misiliana Hotel, Kamis, 29 Februari 2024.

“Saya selaku bupati Toraja Utara berterima kasih kepada penyelenggara, ya Walaupun saya kecewa, itulah demokrasi. Kalau bertanding harus siap menang dan siap kalah,” ucap Ombas yang disambut tepuk tangan hadiri yang ada.

Dikatakan bahwa soal adanya riak-riak pada proses itu hal yang biasa dan wajar terjadi dalam setiap pemilihan, karena didunia ini tidak ada yang sempurna. Begitupun dengan hasilnya dalam setiap pesta demokrasi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Sehingga apapun hasilnya kita harus terima dengan hati yang lapang.

Terkait terjadi Pemilihan Suara Ulang (PSU) dibeberapa TPS dirinya berpendapat itu biasa dalam berdemokrasi. Dirinya juga berpendapat bahwa TPS yang KPPSnya sudah berpengalaman itu prosesnya berjalan lancar namun yang belum kadang lambat. Dirinya mencontohkan di TPS tempatnya memilih dirinya datang pukul 08.00 tetapi petugas belum siap. Untuk itu dirinya berharap kedepan bisa semakin baik.

Ketua KPU Torut, Jan Harri Pakan dalam sambutannya saat membuka rapat pleno terbuka tersebut menyampaikan bahwa selama proses banyak tantangan yang dihadapi terlebih pada proses PSU, tetapi berkat dukungan semua pihak sehingga berjalan dengan lancar untuk itu dirinya menyampaikan terima kasih.

Dirinya berharap proses rekapitulasi perhitungan dapat berjalan dengan lancar, dan jika ada yang tidak berkenan bisa melakukan sesuai aturan yang berlaku.

  • Bagikan