Kapolres Tator Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Pallawa 2024

  • Bagikan
Apel gelar pasukan operasi keselamatan Pallawa 2024 yang dipimpin langsung Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM  – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tana Toraja (Tator), AKBP Malpa Malacoppo, pimpin apel gelar pasukan operasi keselamatan pallawa 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan,  di halaman Mapolres Tator, Sabtu, 2 Maret 2024.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Dandim 1414/Tator diwakili oleh Pasi ops Kapten Inf. Uda Kalalembang, Kadis Pendidikan Andarias Lebang, Kadishub diwakili oleh Kabid Lalulintas Darmawan Perebong, dan PJU lingkuo Polres Tator.

Dengan peserta apel gelar operasi keselamatan yakni satu Peloton dari Personil TNI Kodim 1414/Tator, Sat Lantas, Samapta, gabungan Sat Reskrim Narkoba dan Intelkam, Dishub, Satpol PP dan Pocil Polres Tator.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo dalam sambutanya menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia baru saja telah melaksanakan agenda besar yaitu Pemilu 2024 dengan aman dan nyaman, semua itu tidak terlepas karena adanya sinergitas yang baik antara Institusi Pemerintahan, Penyelenggara Pemilu maupun Masyarakat yang menjadi kunci utama selanjutnya membacakan amanat Kapolda Sulawesi Selatan (Sul-Sel).

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi yang mengedepankan fungsi Lalu Lintas dapat berjalan optimal dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan” ucap Malpa Malacoppo.

Dijelaskaskan Malpa Malacoppo bahwa operasi tersebut memiliki 5 (lima) sasaran prioritas Operasi Keselamatan Pallawa 2024  yakni pertama kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4  yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan, kedua kendaraan bermotor yang tidak standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading, ketiga kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine, rotator dan atau strobo bukan pada peruntukannya, kemudian keempat TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan (spektek), dan yang kelima pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar (SNI).

Lebih lanjut dijelaskan Malpa Malacoppo bahwa tujuan dari operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, sehingga tercipta Kamseltibcarlantas yang optimal. 

Dirinya berharap dengan adanya Operasi Keselamatan Pallawa 2024 dapat menjadi langkah kongkret dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, serta menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pihak. 

Usai melaksanakan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan menampilkan Polisi Cilik (Pocil) Polres Tator dengan aksi 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang dipadukan dengan tarian dan musik adat Toraja. (Cherly)

  • Bagikan