Parepare Raih Piala Adipura untuk Ke-15 Kalinya, Prestasi Gemilang dalam Kebersihan Kota

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Kota Parepare kembali meraih prestasi gemilang dengan mempertahankan Piala Adipura untuk yang ke-15 kalinya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali yang diwakili Kepalda Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare Susianna menerima penghargaan Piala Adipura 2023 itu.

Penghargaan nasional ini, diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Alhamdulillah, Parepare untuk tahun ini kami bisa mempertahankan Piala Adipura,” katanya Akbar Ali usai menghadiri forum diskusi di Auditorium Bj Habibie, Rujab Wali Kota Parepare, Selasa 5 Maret 2024.

Dia menjelaskan bahwa beberapa kabupaten/kota se-Sulsel juga meraih penghargaan Adipura, namun perbedaannya terletak pada bentuk penghargaan yang diterima.

“Sementara ada yang mendapatkan sertifikat. Kalau untuk Parepare adalah piala. Karena merupakan daerah dengan nilai tertinggi untuk penilaian adipura,” jelasnya.

Selain itu, kata dia keberhasilan atas pertispasi dan kebersamaan seluruh stakeholder pemerintah dan masyarakat yang telah menjaga tatanan dan kebersihan kota.

“Itu memang kita canangkan kepada masyarakat Parepare. Kebersamaan kita semua,” harapnya.

Sekadar diketahui, Parepare meraih piala Adipura setelah melewati berbagai penilaian. Pemkot Parepare juga telah melaporkan pengelolaan sampah dan RTH ke SIPSN
(Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional).

“Berdasarkan hasil pemantauan Adipura yang dilaksanakan, maka dilakukan pengklasifikasian Kabupaten Kota dalam menerima Penghargaan Adipura. Berdasarkan pengklasifikasian tersebut
Kota Parepare berhasil meraih nilai TPA> 71 dan nilai fisik titik pantau > 73. Sehingga Kota Parepare berhasil meriah penghargaan Adipura Tahun 2023,” kata Kepala DLH Parepare Susianna.

Lebih lanjut, dia mengatakan penghargaan Adipura kembali diraih Parepare tentu tidak lepas dari peran serta semua pihak. Piala Adipura ini diraih berkat kerjasama pemkot, masyarakat, BUMN dan swasta yang telah berkolaborasi dalam menjaga kebersihan di Kota Parepare.

“Sekaligus mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota bersih, teduh dan berkelanjutan dalam hal pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau,” singkatnya.

Adapun titik pantau Adipura Kota Parepare mencakup permukiman dan perumahan, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan
Puskesmas. Selanjutnya, tim pemantau juga melihat terminal, pelabuhan, hutan kota, taman kota, perairan terbuka, TPA, bank sampah dan TPS3R serta kampung iklim.

Di Sulawesi Selatan, sebanyak 17 kabupaten kota yang berhasil meraih penghargaan Adipura dengan rincian sebagai berikut :

  • Kabupaten Kota yang meraih penghargaan Piala
    Anugerah Adipura ;
  1. Kota Parepare
  2. Kab. Maros
  3. Kab. Pangkep
  4. Kab. Barru
  5. Kab. Pinrang
  6. Kab. Sidrap
  7. Kota Palopo
  8. Kab. Luwu Timur
  9. Kab. Soppeng
  10. Kab. Bone
  11. Kab. Bulukumba
  • Kabupaten Kota yang meraih penghargaan sertifikat
    Adipura
  1. Kota Makassar
  2. Kab. Bantaeng
  3. Kab. Sinjai
  4. Kab. Selayar
  5. Kab. Wajo
  6. Kab. Enrekang.
  • Bagikan