Libur Ramadan, Pemkot Parepare Gelar Pesantren Ramadan Bagi Pelajar SD dan SMP

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Menyambut libur ramadan, pelajar di Kota Parepare bakal melaksanakan kegiatan keagamaan melalui pesantren ramadan.

Kegiatan itu, bakal diikuti oleh peserta didik di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) selama lima hari mulai Kamis- Selasa, 14 hingga 19 Maret 2024.

Kepala Bidag (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Kota Parepare Jumiati mengatakan, pesantren kilat ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang agama Islam bagi peserta didik, dan bisa memupuk rasa kebersamaan antara sesama sehingga bisa mempererat rasa persaudaraan.

“Pesantren kilat SD akan diikuti kelas 4,5,6 dan SMP seluruh siswa kelas 7,8,9. Selama lima hari, 14 -19 maret 2024,” katanya, Kamis, 7 Maret 2024.

Dia menjelaskan, kegiatan itu berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Disdikbud. Menurutnya, dalam pesantren ramadan itu akan dilakukan anjangsana di Panti Asuhan.

“Materi pesantren ramadan 20 persen ceramah, dan 80 persen praktek di buat dalam kontenanimasi video,” katanya.

Dia berharap melalui pesantren ramadan ini dapat melibatkan semua tenaga pendidik di satuanlendidikan masing-masing. Apalagi kata dia, pesantren kilat ini menjadi inisiatif positif untuk memanfaatkan libur Ramadan selama hampir sepekan secara produktif.

“Ada berbagai kegiatan yang dirancang khusus, sehingga peserta didik dapat mendalami nilai-nilai keagamaan dan memperkaya pemahaman mereka,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pesantren kilat bukan hanya menjadi tempat pembelajaran, tetapi juga wadah untuk membangun kebersamaan antar peserta didik.

“Melalui kegiatan bersama, diharapkan peserta dapat saling mendukung dan memperkuat ikatan keagamaan di antara mereka,” ungkapnya.Dia menjelaskan, setelah mengikuti pesantren kilat peserta didik bakal libur pada tanggal 20 Maret sampai 15 April 2024. (rud)

  • Bagikan