Raih Gelar Doktor, Dr. Nur Fadjri Fadeli Luran Sp, MPd Lahirkan Buku untuk Pondok Pesantren

  • Bagikan
Dr. Nur Fadjri Fadeli Luran Sp, MPd berhasil meraih gelar doktornya dibidang Administrasi pendidikan dengan nilai 3,91 sangat memuaskan. Kamis (7/3/2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dr. Nur Fadjri Fadeli Luran Sp, MPd berhasil meraih gelar doktornya dibidang Administrasi pendidikan dengan nilai 3,91 sangat memuaskan. Kamis (7/3/2024).

Di hadapan promotor dan penguji, Ulfah sapaan akrabnya, sukses mempertahankan penelitiannya yang berjudul “Model Tata Kelola Layanan Keasramaan pondok pesantren di Sulawesi Selatan”. Hasil dari penelitian ini pula melahirkan sebuah buku berjudul “Buku Model Tata Kelola Layanan Keasramaan Hasanah Pada Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan”.

Dalam penelitiannya, Ulfah memaparkan terkait tata kelola layanan keasramaan (TKLK) yang merujuk pada UU No 18 Tahun 2018 Pasal 11.

“Secara rinci UU ini membahas tertantang asrama sebagai tempat tinggal santri selama mondok di pesantren haruslah dikelola sesuai daya tampung, bersih, sehat dan nyaman serta aman untuk menjamin perkembangan santri secara holistik,” jelas Ulfah.

Olehnya dihadirkan lah model TKLK Hasanah untuk merubah paradigma pengelolaan asrama dimana asrama tidak lagi dipandang sebagai tempat untuk tidur dan menyimpan barang santri, tetapi menjadi rumah ke dua dan pembina adalah orang tua selama santri mondok.

Lebih jauh, Model TKLK Hasanah terdiri atas tiga komponen layanan asrama, komponen manajemen mutu dan komponen SDM yang merupakan pembina asrama. “Ketiga komponen ini mencerminkan pentingnya memadukan aspek pendidikan dan manajemen dalam memberikan solusi kongkrit layanan keasramaan,” jelasnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan adanya tantangan daya tampung, rasio pembina dan santri yang tidak seimbang dan kurangnya manajemen mutu. Sehingga dihadirkan model layanan keasramaan.

  • Bagikan