Wakil Rektor IV UMI Narasumber Talk Show di Pekan Ekonomi Syariah 2024

  • Bagikan
Wakil Rektor IV UMI Dr.KH.M.Ishaq Samad, MA menjadi Narasumber Talk Show Potensi dan Manfaat Implementasi Zona KHAS di Pekan Ekonomi Syariah 2024 Bank Indonesia Hotel Claro Makassar (Kamis, 28 Maret 2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wakil Rektor IV UMI Dr.KH.M.Ishaq Samad, MA mewakili Rektor UMI menjadi Narasumber Talk Show Potensi dan Manfaat Implementasi Zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, Sehat) di sela-sela Pekan Ekonomi Syariah 2024 Bank Indonesia Hotel Claro Makassar (Kamis, 28 Maret 2024). Hadir Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan. Perwakilan ZONA KHAS UMI Dr.KH.M.Ishaq Samad, MA, perwakilan ZONA KHAS UIN Alauddin Dr.Muhammad Rusmin, M.Kes, dan perwakilan ZONA KHAS Lego-Lego serta 150an peserta.

Deputi Perwakilan BI Wilayah Sulsel menyatakan apresiasi atas kehadiran pimpinan UMI, pimpinan UIN Alauddin dan pimpinan Lego-Lego, dan seluruh peserta Talk Show dari berbagai kalangan, baik dari kampus, sekolah, dan praktisi UMK (Usaha Mikro Kecil). Dikatakan ZONA KHAS sebagai upaya untuk meningkatkan layanan Kuliner yang halal, aman dan sehat, termasuk dalam pengelolaan Zona KHAS di Kantin Kampus, jelasnya.

Sementara itu KH.M.Ishaq Samad menjelaskan tentang Tata Kelola dan Impelementasi Zona KHAS di Kampus UMI yang telah diresmikan April tahun 2023 yang lalu. Sejumlah kegiatan telah dilakukan dalam mengimplementasikan ZONA KHAS di Cabeen Canteen Kampus 2 UMI. Kantin Zona KHAS ini dikelola oleh UPT. Halal Centre berkolaborasi dengan FTI dan Kuliner KANREJAWA. Selain itu telah dikembangkan Counter-Counter Kantin Kampus UMI sebanyak 23 Counter.

Namun sementara ini hanya Canteen Zona KHAS yang telah mengantongi Sertifikasi Halal. Adapun 23 kantin lainnya masih berproses, sebutnya. Implementasi kantin halal, aman dan sehat dengan melakukan pengawasan secara periodik terhadap makanan dan minuman yang disajikan di kantin UMI, jelasnya.

Muhammad Rusmin sebagai Direktur Bisnis UIN Alauddin, yang juga sebagai owner sejumlah outlet Bisnis, seperti Chocolisius, Bolu Rampah, dan sebagainya. Ia menjelaskan implementasi ZONA KHAS di UIN Alauddin meliputi 80an Kantin yang tersebar disejumlah kampus UIN Alauddin Makassar. Salah satu implementasi Zona KHAS dengan menerapkan jika azan dikumandangkan, maka layanan kantin dihentikan untuk menghormati penggilan Allah Swt. Selain itu, juga dilarang merokok di area kantin, agar pelanggan sehat, jelasnya.

Adapun Direktur Lego-Lego mengapresiasi BI Wilayah Sulsel atas kepercayaan yang dipercayakan untuk menempatkan ZONA KHAS di daerah Pariwisata, khususnya di sekitar Masjid Kubah 99 Makassar, jelasnya.

Para peserta talk show sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut yang dipandu Moderator dari staf BI Sulsel yang keren, dengan sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh perwakilan peserta sebanyak 4 orang. Semuanya tertarik dengan model Kantin Kampus dengan Program ZONA KHAS dan berharap agar di lembaganya juga bisa dibangunkan oleh BI Kantin Zona KHAS, jelasnya. (*)

  • Bagikan